Yuk Pahami Tahapan Tumbuh Kembang Anak

  • 2 min read
  • Sep 11, 2021
Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Dengan sebuah tahap tumbuh kembang pada sang anak yang terbagi menjadi 2. Tumbuh merupakan sebuah perubahan fisik yang dapat di ukur. Dan kembang yaitu pertumbuhan kemampuan struktur dan juga sangat berfungsi tubuh yang lebih kompleks. Pada sang anak berusia 2 tahun yang sangat terjadi perkembangan otak yang sangat cepat. Pada ,asa tersebut dengan periode kritis dengan perkembangan dan juga merupakan sebuah waktu yang sangat tepat untuk melakukan sebuah pemulihan bila ada sebuah gangguan perkembangan.

Yang berdasarkan sebuah riset Kesehatan dasar 2013 dengan menyebutkan sebuah angka kejadian anak pendek akibat masalah sebuah gizi. Dengan pemantauan tumbuh kembang , merupakan salah satu untuk menemukan secara dini yang adanya penyimpangan sebuah pertumbuhan (gizi kurang baik)  dengan penyimpangan perkembangan (terlambat berbicara). Pemantauan tumbuh kembang yang sangat perlu untuk di lakukan oleh orang tua untuk mengetahui pertumbuhan dan juga perkembangan anak serta menemukan secara dini adanya pada gangguan tumbuh kembang sehingga dapat ditindaklanjuti segera agar hasilnya lebih baik.

Orang tua yang berperan penting untuk menjadi teladan yang paling utama bagi anak, baik dalam disiplin dan juga mengajarkan sebuah jadwal harian sehingga dengan menerapkan berbagai perilaku hidup yang sehat di rumah. yang contohnya seperti Olahraga dan juga mengonsumsi sebuah makanan yang bergizi setiap harinya. Dancow 3+ Nutritods untuk sang anak dengan sebuah kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa juga di samakan dengan formula  sebelumnya, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus.

Mengapa Tahapan Tumbuh Kembang Sangat Penting?

Maka dari itu, meskipun kamu tidak ingin terobsesi dengan tahapan tumbuh kembang anak adalah hal yang sangat penting karena terkadang anak dapat mengalami sebuah keterlambatan dalam sebuah proses perkembangan. Yang semakin dini mereka mendapatkan sebuah bantuan, yang semakin banyak kemajuan yang dapat mereka capai. Dengan tahapan tumbuh dan berkembang juga dapat membantu di tahap mana sebuah gambaran yang sangat jelas sehingga kamu dapat membantu di tahap mana anak kamu berada. Dengan sebuah tahapan tumbuh kembang juga dapat membantu kamu untuk mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya.

Kapan Saya Harus Khawatir Pada Perkembangan Anak?

Yang tentunya kamu ingin memastikan mempelajari semua hal yang benar, oleh karena itu, jangan biarkan diri kamu terlalu terpaku dengan sebuah grafik dan juga table pada tahap tumbuh kembang. Maka percayalah pada sebuah naluri kamu, dan juga ingat bahwa yang paling mengenal anak kamu. Jika kamu mempunyai sebuah masalah, bicarakanlah ke dokter anak. Jika ada sebuah masalah, maka kamu dapat mulai mengatasinya. Jika tidak, dokter dapat membantu menenangkan pikiran kamu. Pada setiap kunjungan, dokter juga akan bertanya tentang sebuah perkembangan yang sesuai dengan usia dan memberi tahu kamu yang harus di cari pada pemeriksaan berikutnya.

Parameter Tumbuh kembang Anak

Bila tumbuh kembang yang sangat kurang menurut alat ukur standar. Sang anak yang berusia 1 tahun yang seharusnya bisa dapat berjalan 1 atau 2 langkah tanpa bantuan, berbicara dengan beberapa kata, dan bertepuk tangan. Sang anak dapat berlari. Di usia 3 tahun, sang anak sudah dapat memakai pakaian sendiri kecuali memasang sebuah kancing, di usia 4 tahun sang anak dapat berdiri dan juga melompat dengan 1 kaki, memakai pakaian dengan baik, melempar bola dengan 1 tangan.