Untuk meningkatkan Bahasa Inggris, sebenarnya ada empat komponen utama yang harus dipelajari. Komponen tersebut terdiri dari komponen writing, reading, listening dan speaking skills. Keempat komponen ini saling terkait dan sangat dibutuhkan dalam menunjang pekerjaan kita. Berikut adalah tips untuk meningkatkan keempat keterampilan tersebut.

Cara Meningkatkan Kemampuan Writing

Untuk dapat berhasil menguasai kemampuan menulis, sebaiknya Anda mempelajari lebih mendalam terlebih dahulu terkait grammar dan vocabulary. Dengan menguasai kedua hal ini, maka Anda akan lebih mampu membentuk tulisan yang rapid an sesuai kaidah penulisan.

Selain menguasai kedua hal ini, Anda juga sebaiknya sering membaca tulisan-tulisan pendek di media. Selanjutnya Anda dapat membiasakan diri menulis tulisan yang berhubungan. Dengan membiasakan diri menulis menggunakan Bahasa Inggris, maka otak Anda akan lebih terlatih untuk mengeluarkan kalimat berbahasa Inggris.

Cara Meningkatkan Kemampuan Listening

Keterampilan listening sangat penting untuk ditingkatkan agar Anda mudah menyerap informasi yang disampaikan via lisan. Anda bisa membiasakan telinga Anda untuk mendengar kosakata Bahasa Inggris lewat mendengarkan percakapan berbahasa Inggris seperti wawancara, pembawa berita, hingga menonton acara TV favorit. Anda bisa memanfaatkan media yang mengasyikkan untuk meng-improve Bahasa Inggris Anda.

Cara Meningkatkan Kemampuan Reading

Kemampuan reading sangat penting mengingat informasi mayoritas disampaikan melalui bacaan. Untuk melatih kemampuan reading Anda bisa membiasakan diri membaca tulisan-tulisan pendek seperti cerita, maupun hanya peringatan pendek. Anda juga bisa membiasakan diri membaca tulisan sederhana di bungkus kotak makanan dan sebagainya.

Jika dirasa sudah terbiasa, mulailah berlanjut membaca tulisan yang lebih panjang dan memerlukan pemahaman yang lebih tinggi. Misalnya berita berbahasa Inggris dan novel.

Cara Meningkatkan Kemampuan Speaking

Keterampilan berbicara merupakan keterampilan aktif yang harus selalu dilatih secara langsung oleh pengguna Bahasa Inggris. Untuk dapat mampu melakukan percakapan yang baik, sebenarnya cara terbaik adalah dengan memiliki rekan untuk diajak berkomunikasi.

Untuk itu sebaiknya Anda mengikuti lembaga kursus EF Adults agar memperoleh rekan untuk diajak berkomunikasi bersama. Selain itu, untuk melatih pronounciation yang tepat, Anda bisa menghafal lagu Bahasa Inggris untuk dipraktekkan.