Bulan Ramadhan bukan hanya dianggap sebagai bulan penuh rahmat dan berkah. Bulan Ramadhan juga biasanya banyak sekali promo belanja sehingga benar-benar menguji kita dalam membatasi pengeluaran.

Ada banyak cara hemat pengeluaran selama bulan Ramadhan. Namun, terkadang promo bulan Ramadhan pun rasanya sangat sayang untuk dilewatkan. Sehingga ada juga yang tetap memanfaatkan belanja dengan cara kredit online dengan cara yang mudah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap bisa mengerem pengeluaran tetapi tetap bisa menikmati diskon selama bulan Ramadhan.

  1. Usahakan tetap belanja bulanan

Prinsip ini sebenarnya prinsip umum yang banyak digunakan oleh orang tua zaman dahulu yaitu dengan berbelanja bulanan. Belanja bulanan bukan seperti belanja harian atau mingguan dengan membeli bahan makanan yang cepat rusak atau basi. Belanja bulanan adalah belanja barang-barang kebutuhan rumah tangga yang tahan lama seperti sabun, pasta gigi, shampo, minyak goreng, beras, dan lain sebagainya.

Belanja bulanan penting dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Biasanya momen paling penuh adalah seminggu sebelum Ramadhan. Hindari belanja bulanan mendekati tiga hari sebelum puasa, karena dipastikan akan terjadi antrean yang memanjang. Selain itu, akan lebih efektif jika sudah belanja bulanan seminggu sebelumnya sehingga diharapkan masih banyak barang yang tersedia dengan harga yang lebih terjangkau.

  1. Kurangi terlalu banyak membeli makanan di luar

Inilah salah satu tantangan dalam mengelola keuangan bulanan. Baik yang sudah berkeluarga maupun yang masih hidup sendiri, pertimbangkan untuk mengurangi membeli makan di luar atau menggunakan jasa antar pesan makanan. Selain harganya yang lebih tinggi dari harga pembelian langsung, kamu juga akan dibebankan dengan biaya pengantaran dan juga pajak restoran.

Agar lebih hemat akan lebih baik jika menyiapkan makanan sendiri dengan memasak. Siapkan menu atau rencana makanan yang ingin disantap selama bulan Ramadhan. Ada banyak sumber informasi yang memberikan resep-resep makanan hemat sepanjang menjalani bulan puasa.

  1. Catat barang yang sedang diincar

Jika punya barang incaran yang memang dibutuhkan, tahan dulu beberapa hari sampai keinginan tersebut benar-benar matang. Kebiasaan kita membeli barang kadang-kadang didorong oleh rasa gengsi bukan semata dikarenakan kebutuhan.

Untuk barang-barang yang sifatnya pelengkap, sebaiknya dipertimbangkan kembali. Kecuali jika memang benar-benar bisa menunjang kerja atau produktivitas mumpung ada diskon pada bulan Ramadhan. Setelah itu lakukan urutan prioritas, mana yang perlu dibeli terlebih dahulu disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

  1. Perhitungkan harga apakah benar mendapatkan diskon

Zaman digital saat ini kita diberikan kemudahan untuk membandingkan harga antara toko satu dengan toko lainnya. Bahkan kita bisa mengetahui informasi harga grosir sehingga jika memungkinkan kita malah bisa membelinya dengan harga partai besar.

Oleh karena itu, jangan terburu-buru dalam memutuskan untuk membeli sesuatu. Jeda yang diambil bisa dimanfaatkan untuk membandingkan harga atau barang sehingga ketika diputuskan untuk membeli sudah didasarkan pada perhitungan dan pertimbangan yang matang.

  1. Manfaatkan layanan kredit online dari Kredivo

Jika tidak ada atau belum ada dana tetapi batas waktu diskon dan promo akan habis sebenarnya bisa disiasati dengan menggunakan layanan kredit online dari Kredivo. Kredivo adalah salah satu fintech yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Kredivo memberikan kemudahan untuk nasabahnya dalam melakukan belanja online secara kredit di berbagai merchant yang sudah bekerja sama seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya.

Cicilan yang diberikan pun sangat fleksibel mulai dari 3,6 sampai dengan 12 bulan dengan bunga 2.95 persen perbulan. Bahkan ada opsi bayar dalam 30 hari tanpa bunga sama sekali sehingga kita bisa memanfaatkan promo yang berlangsung tanpa harus kehilangan momen disaat belum mendapatkan tambahan dana dari THR.