Apakah Anda saat ini kepikiran untuk menggunakan jasa desain spanduk? Tunggu dulu. Jangan buru-buru. Kita harus menggunakan sumber daya (uang) secara efektif. Salah satunya dengan menetukan buyer persona atau target audiennya lebih dahulu. Baru bikin spanduk atau banner. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk bikin buyer persona.

Buat Survei di Media Sosial

Katakanlah bisnis Anda bergerak di bidang penerbitan buku. Maka, langkah pertamanya dengan bergabung ke komunitas menulis. Pastikan anggotanya sudah lebih dari 50 ribu dan masih aktif. Lebih bagus lagi jika sering ada diskusi di dalamnya. Kemudian buat pertanyaan yang sifatnya terbuka. Bukan yang jawabannya cuma “ya” dan “tidak”.

Misal bikin pertanyaan, “Apa alasan yang membuat tulisan kalian tidak kunjung selesai?” Dari pertanyaan itu, pasti responnya banyak. Masing-masing audien akan mengutarakan masalah masing-masing. Baru kemudian Anda tarik garis besarnya untuk keperluan pembuatan buyer persona.

Selidiki Profil dari Target Audien

Dari simpulan atau garis besar tadi, langkah selanjutnya dengan menyelidiki profil mereka. Catat apa saja yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Misal brand apa yang disukai, jadwal online, hobi, website yang terakhir dikunjungi, dan sebagainya. Kalau target audien Anda berasal dari pengunjung website, proses data mining-nya lebih mudah lagi.

Soalnya sekarang sudah ada tools untuk menganalisis para pengunjung yang datang. Misal menggunakan Google Analytics. Kemudian tangkap dan analisis demografi, perilaku, usia, serta minat mereka. Bisa sampai pada tahap ini saja sudah bagus. Soalnya sudah menyelesaikan lebih dari 50% kebutuhan pembuatan buyer persona.

Tempatkan Diri Anda pada Posisi Target Audien

Penggunaan jasa desain spanduk akan jauh lebih efektif ketika sudah tahu siapa target audien Anda. Langkah selanjutnya adalah dengan memosisikan diri Anda pada sudut pandang audien. Tujuannya agar buyer persona yang Anda buat lebih autentik dan tepat sasaran. Objektivitas dalam keperluan promosi sangat penting.

Soalnya kalau hanya modal “kira-kira”, jatuhnya mirip dengan spekulasi yang ada pada meja judi. Para pemain judi tidak tahu apakah mereka bakal memenangkan permainan atau tidak. Sedangkan keberhasilan promosi menggunakan spanduk atau banner bisa dibuat polanya. Salah satunya dengan membuat buyer persona dulu.

Buat Template sebagai Patokan

Mengapa harus membuat template buyer persona? Soalnya ketika bisnis Anda mengalami perkembangan, pasti terjadi perubahan pada struktur organisasi. Mau tidak mau, Anda harus lepas tangan terhadap masalah teknis. Kalau masih mengurusi soal teknis, nanti siapa yang memikirkan perkembangan bisnis Anda?

Dengan adanya template, maka secara otomatis tercipta suatu sistem yang baik. Nanti bisa digunakan oleh pengganti posisi Anda di perusahaan sebagai patokan. Biasanya target audien itu tidak akan mengalami perubahan biarpun perilaku mereka berubah. Template yang Anda buat harus mudah dipahami dan berbentuk poin-poin ringkas.

Baru Pilih atau Tentukan Jasa desain Banner Anda

Proses menentukan siapa yang pas untuk meng-handle pembuatan spanduk itu sangat krusial. Jasa desain yang bagus mampu memahami dengan baik buyer persona Anda. Biar nanti hasil desainnya tidak melenceng dari tujuan awal. Penyedia jasa desain banner sangat mudah ditemukan. Terutama jika bisnis Anda menarget audien via daring.

Salah satunya bisa dengan berkunjung ke marketplace yang khusus menyediakan freelancer. Misal berkunjung ke Fastwork. Di sana tersedia banyak pilihan desainer untuk keperluan pembuatan spanduk. Mulai kelas entry sampai profesional.

Pemanfaatan jasa desain spanduk sangat penting untuk dipertimbangkan. Sebab, keberadaan mereka bisa mengefektifkan waktu Anda untuk mengurusi hal-hal teknis dalam kegiatan marketing serta sales. Jadi Anda bisa fokus ke masalah pengembangan bisnis agar lebih prospektif lagi.