Rekomendasi Peluang Usaha Kecil yang Wajib Dicoba

  • 2 min read
  • Aug 11, 2020
Peluang Usaha Kecil

Peluang usaha kecil, atau peluang usaha dengan modal kecil menjadi incaran bisnis masa kini. Terlebih di masa pandemi yang membuat masyarakat berlomba-lomba untuk mendapatkan penghasilan lain karena merasa tidak punya harapan pada pekerjaannya. Atau bahkan, ketika karyawan di PHK dan membutuhkan biaya untuk kehidupan, maka usaha dengan modal kecil bisa dijadikan solusi.

Pada dasarnya, banyak sekali jenis usaha yang bisa dilakukan meskipun modal yang Anda miliki terbatas. Seperti beberapa rekomendasi peluang usaha berikut ini. Meskipun modalnya kecil, namun punya keuntungan yang cukup menggiurkan.

Bisnis Online

Era digital menjadi sebuah masa bahkan tren yang harus diikuti dan dimanfaatkan atas kehadirannya. Dunia digital yang serba online dan praktis bisa dijadikan inspirasi untuk Anda jadikan peluang usaha kecil namun punya keuntungan yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, bisnis online semakin digemari masyarakat. Bahkan, urusan belanja keperluan apapun lebih banyak dilakukan via online saat ini.

Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis dengan modal yang kecil. Hanya dengan modal smartphone dan kuota untuk internet, Anda sudah bisa berbisnis. Salah satunya adalah menjadi dropshipper dari berbagai produk kebutuhan masyarakat. Anda tidak perlu punya produknya untuk berjualan. Cukup jadi pihak ketiga yang menjualkan produk, maka sudah bisa untung. Keuntungan yang didapatkan ini berasal dari selisih harga yang Anda dapat dari penjual (suplier) dengan harga yang Anda tawarkan pada pembeli.

Usaha Kuliner

Usaha kuliner menjadi peluang usaha kecil dengan untuk menggiurkan yang bisa Anda pilih. Bagaimana tidak, saat ini dunia kuliner sedang marak digandrungi oleh masyarakat luas. Terlebih ketika tren mukbang semakin gencar merasuki millenial saat ini. Bisa Anda lihat di berbagai media sosial, seperti artis-artis, selebgram, hingga youtuber yang melakukan aksi video makan atau review makanan.

Dengan tren yang sedang marak ini, maka usaha di bidang makanan ini bisa dijadikan pertimbangan. Anda bisa memilih produk-produk makanan unik nan kreatif, lalu kemas dan promosikan dengan gaya yang kekinian, dijamin usaha Anda laris manis.

Usaha Rumahan

Jika Anda terkendala biaya atau budgeting ketika ingin memulai bisnis, maka tidak ada salahnya untuk memulai bisnis rumahan sebagai peluang usaha kecil. Banyak sekali usaha rumahan yang bisa Anda pilih. Baik itu membuka toko kelontong, tempat makan, hingga usaha-usaha lainnya yang bisa mulai Anda lakukan di rumah.

Untuk membuat usaha rumahan ini pun tidak perlu biaya yang banyak, terlebih untuk masalah sewa tempat atau toko. Misalnya ketika buka toko kelontong, Anda bisa mengambil pasar di sekitaran rumah. Untuk melebarkan pasar, tidak ada salahnya untuk menjualkan produk yang dimiliki di beberapa marketplace yang banyak ditemui saat ini.

Bisnis Jasa

Bisnis lainnya yang cocok dijadikan pilihan karena modalnya yang terbilang kecil adalah membuka bisnis jasa. Untuk jenis bisnis ini pun berbagai macam dan bisa disesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki. Sejatinya, sangat disayangkan sekali ketika Anda punya kemampuan mumpuni, namun tidak menghasilkan. Seperti misalnya Anda cukup jago dalam menjahit, maka tidak ada salahnya membuka jasa menjahit.

Pun, ketika Anda jago dalam bermedia sosial, membuat konten, maka Anda bisa menawarkan jasa kepada pihak-pihak yang membutuhkan skill yang Anda miliki. Tentunya, modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak.

Beberapa peluang usaha kecil tersebut bisa dijadikan pertimbangan ketika Anda ingin memulai usaha namun terkendala dana. Meskipun begitu, pastikan jika jenis usaha yang dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Lakukan juga dengan konsisten dan sungguh-sungguh agar keuntungan yang dihasilkan pun maksimal.