Pilih Apartemen atau Rumah? Inilah Jawabanya!

  • 3 min read
  • Sep 01, 2020
Apartemen

Biasanya gaya hidup di kota-kota besar kini menuntut tempat tinggal yang praktis, dan khususnya menuju ke tempat kerja. Agar mendapatkan rumah di sekitar kantor, rasanya pasti tidak memungkinkan lagi sekarang ini dengan pendapatan yang kenaikannya tidak setara dengan kenaikan harga rumah atau harga apartemen di surabaya. Terlebih juga keterbatasan lahan yang ada di kota besar yang terus bertambah oleh bangunan-bangunan. Situasi ini ditangkap langsung pengusaha properti sebagai peluang bisnis yang menggiurkan. Para pengusaha apartemen sebagai solusi tempat tinggal pada saat ini.

Dari setiap iklan apartemen pasti menampilkan dengan menggunakan bahasa yang baik. Para pebisnis properti sudah menyadari bahwa satu-satunya pertimbangan orang biasanya ragu untuk memilih apartemen merupakan properti jenis ini yang menggunakan strata title atau bisa disebut sebagai kepemilikan lahan bersama. Dengan ini bukan menjadikan apartemen menjadi properti yang sepi dari peminat. Promosi dan iklan yang sering dilakukan pengembang properti. Ditambah dengan adanya fakta bahwa setia tahun harga properti biasanya naik. Dan pada akhirnya, menyadarkan banyak sekali orang agar segera mempunyai properti.

Nah, bagaimana sebenarnya cara membeli rumah atau apartemen? Mana yang akan lebih menguntungkan. Harus kenali terlebih dahulu tujuan dan kebutuhan sebelum memilih apartemen atau memilih rumah. Perlu anda ketahui ketika membeli properti membutuhkan banyak sekali biaya besar sehingga harus dipikirkan dengan sangat matang. Sebelum anda membeli properti, anda harus pertimbangkan properti seperti apa yang anda butuhkan dan di mana lokasi yang anda inginkan. Dan pastinya jenis hunian yang anda beli sesudah pasti akan ditempati dalam waktu yang lama.

Pada Umumnya Properti yang Digunakan Sebagai Hunian Terbagi menjadi 2 Jenis, antara lain:

  • Rumah Tapak

  • Dan, hunian Vertikal contohnya Rumah Susun, Kondominium dan Apartemen.

Berdasarkan keputusan membeli macam hunian merupakan  tujuan dan kebutuhan jangka panjang yang ingin dicapai. Kewajiban dan hak yang terkait dengan rumah tapak dan hunian vertikal tidak lah sama. Sampai dengan, ada beberapa perbedaan antara rumah tapak dan hunian vertikal yang mengurangi dan menambah daya tarik masing-masing.  Dengan membeli tempat yang sesuai dengan gaya hidup anda dan kebutuhan merupakan pertimbangan yang sangat penting.

Pertimbangan biasanya digunakan sebelum membeli hunian, antara lain:

  • Luas Banguanan yang Diinginkan

  • Biaya dan Lokasi

Anda harus memerhatikan pertimbangan yang sudah dijelaskan di atas karena rumah akan menjadi tempat yang akan anda huni dalam waktu yang cukup lama. Pertimbangan hal tersebut sebelum memilih rumah atau juga apartemen. Sebelum anda memilih jenis hunian yang ingin anda beli, sebaiknya juga mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :

Pertimbangkan Biaya Pemeliharaan dan Juga Prosesnya

Dengan membeli rumah anda bertanggung jawab untuk merawat semua yang ada di rumah anda. Ini pastinya ada hubungannya dengan biaya perawatan. Sementara itu dengan membeli apartemen, pengelola bertanggung jawab untuk pemeliharaannya. Besarnya biaya yang anda keluarkan biasanya tergantung kepada kebijakan pengelola apartemen tersebut.

Harus Memahami Status Hak Milik Apartemen dan Rumah

Perlu anda ketahui status hak milik apartemen dan rumah perlu diketahui dulu oleh calon pembeli. Dengan membeli rumah tapak sama saja artinya dengan memiliki rumah dan juga dengan tanahnya. Sedangkan membeli apartemen hanya memiliki ruangan yang ada di dalamnya saja. Setidaknya anda juga dapat menikmati fasilitas yang sudah disediakan agar digunakan dengan cara bersama-sama dengan penghuni apartemen yang lainnya. Dengan istilahnya merupakan kepemilikan bersama atau strata title.

Adanya Fitur Komunitas Apartemen lebih Tertata dengan Sangat Rapih

Tinggal dan membeli di apartemen mempunyai keunggulan seperti fitur komunitas. Yang dimaksud dengan fitur komunitas di sini contohnya seperti kolam renang, lapangan tenis atau juga fasilitas berbasis masyarakat yang lainnya yang menjadi lebih mudah dipelihara dan juga digunakan. Sementara itu apabia membeli rumah tradisional, fitur ini akan mengeluarkan biaya yang sangat mahal karena pembangunan sampai dengan pemeliharaan ditanggung oleh diri sendiri.

Pertimbangan Perbandingan Antara Rumah dan Juga Apartemen

Apabila anda masih juga merasa kebingungan apakah membeli rumah atau apartemen, coba anda perhatikan terlebih dahullu keuntungan membeli apartemen atau rumah berikut ini, pilih mana yang lebih menonjol dari keinginan anda. Apabila sudah, anda dapat memutuskan agar membeli hunian yang tepat sesuai kebutuhan dan harapan tentunya.

Keuntungan dari Mempunyai Apartemen

Lokasi yang lebih mudah dijangkau karena dekat dengan kantor dan juga strategis. Apartemen ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai mobilitas tinggi. Pada umumnya lokasi apartemen berada di tempat yang strategis di wilayah perkantoran dan jual apartemen di surabaya, sehingga dari segi akses akan jauh lebih mudah dan juga mudah.

Fasilitas yang Lebih Lengkap dan Mewah

Pada biasanya. Fasilitas lengkap dan juga mewah adalah daya tarik yang ditawarkan dari apartemen. Fasilitas standar yang biasanya diberikan pengelola apartemen, diantaranya kolam renang, pusat kebugaran, lapangan tenis, sauna dan tempat spa dan masih banyak lagi.

Alasan Sederhana yang Sering Sekali Menjadi Tujuan Utama Membeli Apartemen

Apartemen selalu memberikan jalan keluar dengan gaya hidup yang praktis bagi pembelinya. Karena semua fasilitas yang berhubungan dengan pemeliharaan dan kebersihan gedung atau ruangan akan menjadi tanggung jawab dari pihak pengelola. Karena pemilik apartemen hanya cukup membayar service saja.