Kita selaku orang tua selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi keluarganya, namun sering kali khawatir dalam merawat buah hatinya khususnya bayi yang lebih rentan terhadap penyakit dibandingkan orang dewasa, diperlukan ilmu yang cukup dalam melakukan perawatan, untuk baju branded kadang dijelaskan di label bajunya hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam merawat baju tersebut, terutama untuk anak-anak dengan kegiatannya. Apapun jenis bajunya, orang tua harus siap dalam merawatnya, ingin tahu bagaimana cara merawat baju bayi laki-laki 1 tahun agar tampak selalu baru. Berikut ini adalah panduanya :

  1. Penyetrikaan baju

Kita harus memastikan bahwasannya hanya pakaian yang benar-benar kering yang boleh disetrika. Jika masih basah, setrika sulit untuk mengeringkan baju lalu meluruskan baju. Maka pakaian masih lembab dan berisiko menjadi tempat bakteri dan jamur ketika disimpan di lemari pakaian.

  1. Penyimpanan baju

Sesudah disetrika, dan dilipat rapih, letakkan baju sesuai kelompok baju, yaitu kelompok baju, celana, dan pakaian dalam. Sehingga mudah dalam pencarian. Dalam hal menggantung baju, hanya bahan katun yang boleh digantung, tidak boleh menggantung berbahan kaos, karena berisiko melar.

  1. Pelembut pakaian khusus bayi

kalau ingin memakai pelembut pakaian, gunakan yang khusus/aman untuk anak, pelembut pakaian untuk dewasa lebih banyak menggunakan bahan kimia.

  1. Penjemuran pakaian

Pada saat menjemur pakaian cari daerah yang tidak terlalu panas, daerah terlalu panas dapat memudarkan warna baju, untuk bagian dalam baju yang belum kering, dapat dibalik, sehingga semua bagian kering merata.

  1. Pembilasan cucian

Baju bayi laki-laki 1 tahun yang sudah dicuci, ketika dibilas, sebaiknya menggunakan air mengalir untuk memastikan detergen tidak tersisa di baju, pada bilasan terakhir, air jeruk dapat ditambahkan sebagai pewangi alami untuk baju yang apek.

  1. Jangan menggunakan pemutih pakaian

Berisiko membuat kulit iritasi dan gatal pada anak. Jadi untuk baju bayi laki-laki 1 tahun yang berwarna putih, harus dipisahkan ketika mencuci, dan jika ada noda harus disikat secara manual, menggunakan detergen yang aman.

  1. Menggunakan detergen yang aman

Guna  mencegah alergi kulit buat anak-anak berkulit sensitif, dan juga bayi, sebaiknya menggunakan deterjen yang aman khusus untuk mereka. Detergen ini biasanya tidak mengandung pewangi.

  1. Memisahkan jenis pakaian yang akan di cuci

Ketika kita mencuci sedapat mungkin dipilah-pilah berdasarkan jenis bahan bajunya. Yang berisiko luntur harus dipisah, dicuci tersendiri, untuk celana bayi dan bekas buang air harus dicuci dahulu kotorannya, dan dicuci terpisah agar bakteri tidak bercampur dengan pakaian lain,lalu pakaian dewasa sebaiknya dipisah dengan pakaian anak-anak untuk mencegah kemungkinan penyebaran bakteri ke baju bayi, bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan anak remaja ataupun dewasa. Sebelum mencuci pakaian sebaiknya ibu pisahkan pakaian bayi dengan bahan kain berisiko tinggi lainnya; pakaian dewasa, pakaian dalam, seprai, handuk, selimut ataupun peralatan dapur berbahan kain seperti serbet agar tidak tercampur dengan kotoran dan bakteri.

  1. Baju baru langsung dicuci

ketika membeli baju baru, biasakan langsung dicuci dan juga berguna untuk membersihkan bahan-bahan kimia hasil produksi baju, dan juga debu dan kotor dari bekas mencoba pemakaian orang lain.

Sekian informasi tentang panduan merawat baju bayi laki-laki usia 1 tahun agar tampak baru semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya.