Nissan Evalia Vs Suzuki APV mungkin belum begitu banyak diulas oleh media maupun pengamat otomotif, namun kedua mobil ini mempunyai keunikan serta kelebihan tersendiri hingga cukup menarik untuk diikuti. Turun pada segmen yang sama yakni multifunction van atau sering juga disebut sebagai low multi purpose vehicle, andalan Suzuki Indomobil Sales maupun jagoan Nissan Motor Indonesia itu memiliki kesamaan dalam tampilan fisiknya yaitu sama – sama mengambil model semi bonnet.

SIS maupun NMI terbilang cukup berani untuk menghadirkan mobil keluarga berhidung sedang itu di kelas menengah karena sesungguhnya model seperti itu biasanya terdapat pada model MPV premium atau luxury sebut saja Alphard dari Toyota Astra Motor, Volkswagen Caravelle maupun dua kompatriot Evalia yakni New Serena serta Nissan Elgrand.

Dari segi penjualan, Suzuki APV maupun Nissan Evalia juga mendapat sambutan cukup baik ditengah masyarakat tanah air terutama dari kalangan konsumen keluarga menengah. Desain menarik nan unik, performa handal, kapasitas penumpang cukup besar dibanding kendaraan keluarga pada umumnya serta Harga APV dan Evalia terbilang bersahabat adalah faktor utama membuat kedua mobil tersebut tetap eksis ditengah dominasi LMPV full bonnet layaknya Grand Livina, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, Honda Mobilio hingga duet Avanza – Xenia dari Astra Group dimana seperti diketahui menguasai pasar otomotif nasional saat ini.

Pasar kendaraan keluarga semi bonnet memang masih sangat segmented dalam industri otomotif kita, disamping Evalia atau APV mungkin hanya terdapat satu buah nama yang mampu bertahan di garda depan segmen ini yakni Daihatsu Luxio. Walau demikian, kehadiran Evalia, APV maupun Luxio dirasa dapat menghadirkan nuansa lebih segar sekaligus pilihan lebih beragam bagi konsumen terutama konsumen keluarga menengah.

APV sendiri memang dapat disebut sebagai pionir dari kehadiran small box MPV di Indonesia, SIS telah menghadirkan generasi pertama dari mobil tersebut yang disebut sebagai All Purpose Van atau Asian Purpose Vehicle tersebut sejak tahun 2004 silam. MPV ini hanya diproduksi di dalam negeri melalui fasilitas milik SIS dikawasan Tambun, Bekasi. Pertama kali diluncurkan dalam dua buah type yaitu GA dan GE kini Suzuki telah meluncurkan varian diatasnya bernama Arena serta Luxury.

Untuk pasar global, Evalia dipasarkan dalam name plate NV200 Vanette dimana NV sendiri merupakan singkatan dari New generation Vehicle, Nissan memang mengklaim andalan barunya sebagai mobil generasi baru atau mobil masa depan berkat kecanggihan teknologi yang dimilikinya. Sementara itu di tanah air, NMI baru saja meluncurkannya di tahun 2012 kemarin, varian terbarunya hadir tahun 2014 dengan nama New Evalia facelift.

Dari tampilan visual nya sendiri meskipun sama – sama mengambil tema semi bonnet, namun eksterior Nissan Evalia tampak lebih ekslusif dibanding para rival lain dikelasnya tersebut. Siluet body aerodinamis bergaya urban sporty dengan kombinasi tarikan garis serta lekukan estetik menjadi signature line dari MPV milik NMI ini.

Keunggulan lain dari Evalia adalah interior yang roomy serta lega hingga memberi kenyamanan maksimal bagi setiap penumpang di dalamnya. Tata letak atau layout ergonomis menjadi tema sentral interior mobil Evalia, sementara nuansa kemewahan juga tersaji lengkap melalui pemilihan material kulit berkualitas tinggi dengan dominasi warna beige juga hitam nan memikat.

Nah kelebihan utama dari Nissan Evalia terletak pada sisi performanya, meski menggunakan dapur pacu berkapasitas 1.493 cc seperti juga APV maupun Luxio, namun mesin berkonfigurasi 4 silinder DOHC itu mampu mengeluarkan dentuman energi setara 109dk jauh lebih dahsyat dibanding APV (105dk) atau Luxio (97dk) begitu pula torsinya, mesin HR15DE yang digendongnya sanggup digeber hingga 143Nm sementara Luxio 134Nm sedankan APV hanya 126Nm.

Hebatnya meskipun mempunya tenaga serta torsi yang luar biasa besar, namun konsumsi bahan bakar Evalia juga jauh lebih irit dibanding semua MPV lain dikelasnya bahkan efisiensi BBMnya mencapai 20 persen lebih hemat dibanding mobil lain pada segment ini. Tentu hal itu semakin menambah faktor ekonomisnya, disamping harganya, Nissan Evalia sendiri sudah begitu terjangkau lalu mudah dan lagi murah dalam perawatannya.