Mengenal Lebih Jauh Siapa dan Apa Tugas dari Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi

  • 2 min read
  • Dec 04, 2019
Mengenal Lebih Jauh Siapa dan Apa Tugas dari Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi

Bagi Anda yang tidak tahu dengan siapa dan apa tugas dari dokter spesialis orthopaedi dan traumatology, dapat dijelaskan bahwa dokter spesialis ini adalah dokter yang akan menangani masalah cedera serta penyakit yang terjadi pada sistem muskuloskeletal tubuh manusia dan di dalamnya mencakup masalah tulang, sendi, otot dan juga saraf.

Kebanyakan dari orang-orang yang berkonsultasi ke dokter ini adalah mereka yang mengalami cedera atau patah tulang. Padahal bila Anda tahu, bahwa dokter spesialis ortopedi ini tidak hanya menangani dan mengatasi masalah yang ada kaitannya dengan tulang. Akan tetapi ada berbagai masalah medis yang bisa Anda konsultasikan dan ditangani oleh dokter tersebut. Seperti contohnya yaitu saat ada gangguan yang terjadi pada saraf, urat serta otot. Dan atlet yang sedang mengalami cedera lebih banyak ditangani oleh dokter spesialis ortopedi.

Berikut ini adalah beberapa gangguan atau penyakit yang dapat Anda konsultasikan dengan dokter spesialis ortopedi:

  1. Adanya gangguan yang terjadi pada tulang. Biasanya meliputi adanya infeksi yang terjadi pada tulang. Seperti contohnya yaitu patah tulang, tumor tulang, osteoporosis sampai dengan deformitas tulang.
  2. Gangguan kesehatan yang menyerang persendian. Seperti contohnya yaitu radang sendi, robekan yang terjadi pada tulang ligamen, bursitis, dislokasi dan nyeri sendi sampai dengan pembengkakan pada sendi.
  3. Gangguan kesehatan yang terjadi pada tulang belakang. Seperti contohnya yaitu tumor yang terjadi pada tulang belakang, nyeri pada punggung, skoliosis, cedera sampai dengan patah tulang.
  4. Kondisi kesehatan yang menyerang tangan serta pergelangan tangan yang berakibat pada kesulitan untuk menggerakkan tangan.
  5. Penyakit yang biasanya menyerang otot jaringan lunak. Bisanya meliputi atrofi, cedera pada otot serta jaringan lunak dan tumor atau bisa juga kanker yang terjadi pada jaringan lunak.

Dokter spesialis ortopedi biasanya memang sudah terlatih untuk melakukan berbagai macam tindakan medis yang nantinya dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang ada kaitannya dengan sistem pergerakan yang ada pada tubuh manusia. Baik dari tindakan yang membutuhkan operasi ataupun tidak. Dalam proses pengobatan, biasanya dokter yang sudah ahli dalam bidang ortopedi ini akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu yang kemudian dilanjutkan dengan tes penunjang sehingga dokter bisa memastikan diagnosis. Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan tambahan seperti tes darah, arthrogram, pemindaian tulang sampai dengan analisis cairan sendi atau bisa juga melakukan USG.

Setelah tahapan tersebut di atas selesai, bisanya dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasien. Selain itu disesuaikan dengan diagnosis serta kondisi pasien saat itu. Ada beberapa tindakan non bedah yang juga dilakukan oleh artopedi seperti contohnya yaitu memberikan obat-obatan. Selain itu terkadang dokter juga akan memberikan saran kepada pasien untuk melakukan olahraga serta akan merujuk pasien untuk datang ke fisioterapi.

Ada beberapa saat yang tepat dan mengharuskan Anda untuk segera datang dan melakukan konsultasi denganĀ dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter tersebut bila sudah mengalami masalah seperti cedera fisik yang menimbulkan nyeri yang berlebihan dan menyebabkan menjadi susah bergerak. Selain itu bisa juga saat Anda mengalami kaku pada otot , sendi dan tulang. Dan yang terakhir adalah apabila Anda mengalami kesemutan yang menyebabkan mati rasa yang terjadi pada bagian tubuh Anda.