Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan behel gigi? Yap, behel merupakan salah satu bentuk perawatan gigi yang kerap dimanfaatkan untuk merapikan gigi yang tidak rata maupun rapi. Dengan memasang behel gigi ini, membuat senyuman terlihat semakin menawan. Atas alasan inilah tidak heran kalau banyak yang memasang behel ini untuk gigi mereka. Apalagi, ditambah sekarang harga pasang behel gigi tidaklah terlalu mahal karena itu banyak peminatnya.

Nah, bicara mengenai behel gigi, ada beberapa tanda yang mengharuskan kamu memakai behel gigi ini, di antaranya adalah sebagai berikut, here we go!

  1. Tidak lepas ketika tertawa. Ketika tertawa, apakah kamu selalu menutupi mulut? Hmm, untuk kamu yang memiliki gigi berantakan pasti tidak mau tertawa lepas, kan? Karena, malu dengan susunan yang gigi yang tidak rata. Hal ini pertanda kalau kamu harus memasang behel untuk gigimu, lantaran dengan memasang behel membuat gigi menjadi rapi sekaligus rata. Kalau sudah begini, tentu kamu bisa tertawa dengan lepas.
  2. Salah satu rahang maju. Sebagian orang memang ada yang memiliki rahang maju dan tidak. Melansir dari orangedentalhouse, majunya rahang ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor keturunan, sindrom crouzan, hingga gigantisme. Namun demikian, untuk rahang maju ini bisa diatasi dengan penggunaan behel gigi. Behel gigi akan mengembalikan kondisi rahang ke bentuk normal sekaligus merapikan susunan gigi.
  3. Sulit mengunyah makanan. Idealnya makanan yang dimakan wajib dikunyah sebanyak 15 – 30 kali supaya bisa diserap dengan baik oleh tubuh. Namun, sayangnya karena memiliki gigi yang tidak rata malah menyulitkanmu ketika mengunyah makanan. Jika kamu sudah kesulitan mengunyah makanan, maka kamu wajib memasang kawat untuk gigi agar nantinya memudahkanmu mengunyah makanan yang dimakan.
  4. Tumbuhnya karang gigi dengan cepat. Menyikat gigi sekaligus memeriksakannya ke dokter memang sangat bermanfaat guna menghindari terbentuknya karang gigi. Akan tetapi, sayangnya ketika kamu memiliki gigi yang tidak rata, maka pada saat menyikat gigi tentu sulit dijangkau oleh sikat gigi akhirnya malah menciptakan karang gigi. Jika kamu sudah merasakan pertanda seperti ini, maka segeralah / memasang behel pada gigimu supaya bisa mencegah munculnya karang gigi tersebut.

Bagaimana? Apakah kamu merasakan beberapa pertanda yang sudah dipaparkan di atas? Kalau iya, maka segeralah memasang behel pada gigimu. Namun, tidak hanya behel, kamu juga bisa merapikan gigi dengan mencoba produk clear aligner yang diperkenalkan oleh Rata, The First Indonesian Clear Aligner. Produk ini membantu meratakan gigi yang harganya 80% lebih murah dibandingkan jika kamu memasang behel atau kawat gigi konvensional. Selamat mencoba, ya!