Batuk merupakan penyakit yang umum dialami oleh siapa pun dari berbagai kalangan dari tua sampai muda, cara penanganannya pun berbeda karena  batuk punya gejala yang berbeda tergantung jenis batuk yang dialami pasien, penyebabnya pun bervariatif  perbedaan setiap jenis batukbisa menentukan pengobatan yang tepat ,seharusnya pahami dulu beragam jenis batuk yang mungkin terjadi.

Cara memahami atau membedakan jenis batuk dan cara pengobatannya :

  1. Batuk berdahak

Jenis  berdahak atau berlendir umumnya menimbulkan gejala tenggorokan terasa riskan dan terasa mengganjal di tenggorokan ,penyebabnya  akibat adanya dahak atau lendir yang menggumpal pada sistem pernapasan atau faring . Batuk berdahak dikenal juga dengan batuk produktif dikarenakan proses menghasilkan produksi dahak yang sangat berlebih di dalam sistem pernafasan.

Dahak memang membantu dan  mendukung kerja dari sistem pernapasan, seperti menjaga kelembapan tenggorokan tapi jika dahaknya berlebihan maka dapat berpengaruh terhadap paru-paru karena untuk membersihkan jaringan irisan berbahaya.

Gejala

Gejalanya jelas bagi yang mengalami batuk  berdahak ,yaitu ketika batuk yang disertai oleh keluarnya dahak. akibat Penumpukan dahak di dalam paru-paru dapat ditandai dengan gejala batuk terus menerus dan dada yang terasa sesak ,sulit untuk bernafas

Adapun tanda tandanya antara lain yang di sebabkan oleh jenis batuk berdahak :

  • tenggorokan terasa sangat gatal dan perih
  • Mengalami kelelahan susah untuk bernafas
  • Tubuh menggigil (seperti kedinginan)
  • Hidung tersumbat dan mengeluarkan dahak (ingus).

Penyebab

penyebabnya adalah virus dan bakteri serta daya tahan tubuh kita menjadi lemah,maka akan mudah sekali terserang batuk,apalagi bagi yang suka merokok, perokok aktif, selain itu jenis batuk ini juga bisa menjadi salah satu gejala dari kemunculan penyakit lain atau komplikasi.

Berikut merupakan sejumlah penyakit yang diakibatkan batuk berdahak seperti :

  • Post-nasal drip
  • Paru paru
  • Pneumonia
  • Cystic Fibrosis
  • Asma
  • TBC

Pengobatan

Terdapat beberapa jenis pengobatan yang bisa Anda terapkan baik secara mandiri, yaitu dengan menggunakan obat yang ada di apotek SehatQ atau pemeriksaan langsung ke Direktori tag dokter SehatQ, bisa juga kita berkomentar ke forum agar mendapatkan jawaban yang pas Sehingga kita bisa tepat menanganinya.apakah  obat jenis ekspektoran yang digunakan atau dextrometropan  untuk meredakan jenis batuk  secara ilmu kedokteran  ekspektoran berguna  secara efektif untuk menghancurkan dahak yang menggumpal di tenggorokan .

  1. Batuk Kering

Gejala

Secara umum yang membedakan gejala batuk kering dan  batuk berdahak biasanya lendir atau dahak saat batuk . Akan tetapi, tapi saat pernapasan berlangsung tenggorokan terasa begitu gatal dan perih

Berikut  Gejala-gejala umum padaa batuk kering

  • Tenggorokan terasa sangat gatal
  • Suara berubah serak/karna tidak ad lendir dan kering
  • Suhu tubuh naik mungkin akan demam

Penyebab

Penyebabnya mungkin tidak jauh berbeda dengan batuk berdahak  adalah virus dan bakteri serta daya tahan tubuh kita menjadi lemah,maka akan mudah sekali terserang batuk,apalagi bagi yang suka merokok,perokok aktif ,Selain itu, jenis batuk ini juga bisa menjadi salah satu gejala dari kemunculan penyakit lain atau komplikasi.

Pengobatan

Untuk pengobatannya pilih jenis obat dextrometropan supaya meredakan jenis batuk kering. Sebab secara ilmu kedokteran sangat berguna secara efektif membantu menekan batuk sehingga nyeri saat batuk dapat berkurang, sehingga dada kita menjadi tidak sakit.