Sekarang ini kita sangat dimudahkan dalam membeli sesuatu secara online, bahkan hampir semua aktivitas jual beli bisa kita lakukan lewat online. Tapi kadang kita juga harus berhati – hati karena transaksi jual beli secara online juga bisa menipu. Nah untuk kalian yang ingin pergi keluar kota maka saat ini Anda tidak usah susah untuk membeli tiket kereta api ataupun pesawat ke agen – agen penjual tiket karena Anda sudah bisa membeli tiket kereta api secara online. Nah berikut ini saya akan memberikan cara dan juga tips untuk membeli tiket kereta api secara online.

1. Buka situs penjualan tiket online

Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka situs penjualan kereta api yang sudah terpercaya seperti situs resmi PT KAI atau mungkin Anda bisa membeli lewat Mister Aladin. Nah setelah itu Anda bisa memasukan tanggal keberangkatan, tujuan dan juga berapa jumlah tiket yang akan Anda pesan. Sebagai informasi saja untuk anak dibawah 3 tahun maka gratis untuk naik kereta jadi ketika Anda mengajak anak ataupun keponakan yang dibawah 3 tahun untuk bepergian maka tidak perlu membeli tiket kereta.

2. Cek harga tiket

Nah hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah mengecek harga tiket, jadi harga tiket akan muncul ketika Anda sudah selesai untuk memasukan data tentang tanggal, kelas, asal stasiun dan juga tujuan Anda. Setelah itu akan muncul beberapa opsi untuk macam – macam tiket kereta api dengan beberapa harga dan jadwal jam keberangkatan yang berbeda. Nah ketika Anda sudah menentukan tiket kereta api yang akan Anda pilih maka selanjutnya Anda akan memilih tempat duduk.

3. Konfirmasi pemesanan tiket

Nah setelah Anda selesai untuk melakukan pemilihan tiket dan juga tempat duduk maka Anda akan mendapatkan konfirmasi lagi untuk pembelian tiket kereta api. Nah pada tahap konfirmasi ini Anda harus memeriksa kembali tiket yang Anda pesan apakah semuanya sudah sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu jika Anda sudah yakin maka Anda bisa menekan tombol untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

4. Isi data penumpang

Setelah itu tahap yang keempat adalah tahap pengisian identitas penumpang, nah pada tahap ini Anda bisa mengisi data diri para penumpang yang akan pergi bersama Anda yang tentunya Anda harus mengisinya sesuai dengan data KTP, SIM ataupun paspor, tapi jika Anda membawa anak – anak yang belum memiliki KTP maka ANda bisa mencantumkan nomor NIK yang terdapat pada kartu C1. Jika semua data sudah terisi dan lengkap maka Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

5. Pahami kelas dan sub kelas pada kereta api

Jika Anda ingin melakukan perjalanan dengan kereta api maka Anda juga harus bisa memahami kelas – kelas yang ada pada kereta api misalnya seperti kelas eksekutif, bisnis dan juga ekonomi. Nah setiap kelas memiliki harga dan juga fasilitas yang berbeda – beda tapi jangan khawatir karena di setiap kelas ini akan memiliki fasilitas yang wajib ada yaitu pendingin ruangan.

Selain itu Anda juga harus mengenali zona tempat duduk kereta karena biasanya zona tempat duduk yang berada di tengah dan juga dekat dengan gerbong makanan itu adalah zona bisnis sedangkan untuk tempat duduk yang ekonomi atau sedang promo bisanya berada di gerbong paling ujung dan berada di dekat pintu.

6. Periksa kembali informasi dan pembayaran

Setelah ini adalah memeriksa kembali semua pesanan dan juga informasi yang sudah Anda masukan, nah disini Anda juga bisa memilih cara pembayaran yang akan Anda lakukan baik dengan ATM atau bisa juga membayarnya lewat indomaret atau alfamart. Untuk pembayaran di minimarket maka struk yang Anda dapat jangan langsung dibuang karena struk itu nanti akan dibutuhkan saat Anda ingin menukarkan tiket di stasiun kereta.

7. Bayar dan juga konfirmasi tiket

Setelah itu Anda harus melakukan pembayaran tiket yang sudah Anda pesan baik itu melalui ATM ataupun minimarket dan yang terpenting setelah menerima bukti pembayaran dari ATM ataupun minimarket jangan dibuang tapi simpanlah sampai nanti Anda akan berangkat karena bukti pembayaran itu anti akn dibutuhkan sewaktu akan menukarkan tiket.

8. Cetak tiket di stasiun

Setelah Anda melakukan pembayaran, maka pada tanggal keberangkatan jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran tiket, setelah itu Anda harus pergi ke stasiun dan mencari mesin pencetak tiket. Nah di mesin itu Anda hanya harus tinggal memasukan kode pembayaran Anda yang sudah tertera pada bukti pembayaran. Setelah tiket berhasil di cetak maka Anda bisa mencari kereta Anda dan melakukan perjalanan dengan kereta api.

Itulah beberapa cara membeli tiket kereta api online yang bisa Anda lakukan lewat rumah ataupun kantor, praktis bukan. Nah setelah ini saya akan memberikan beberapa tips agar bisa mendapatkan tiket kereta api yang murah.

Tips mendapatkan tiket kereta api yang murah :

  • Anda harus rajin mengecek website dan juga situs penjualan tiket kereta api karena kadang di sana akan diberitahukan beberapa promo – promo menarik tentang tiket kereta api.
  • Memilih keberangkatan tiket kereta api di jam tengah malam atau di pagi buta biasanya akan lebih murah, biasanya tiket kereta api yang memiliki jam keberangkatan pada tengah malam atau pagi buta akan lebih murah karena jarang orang – orang yang membeli tiket ini karena terlalu malam atau kepagian. Jadi jika Anda ingin mendapatkan tiket kereta api murah Anda harus bersedia untuk pergi ke stasiun pada tengah malam ataupun pada pagi – pagi buta.
  • Tanyakan di stasiun tentang apakah ada tiket kereta api yang sedang promo.
  • Anda juga membeli tiket kereta api langsung di indomaret dan juga alfamart nah jika Anda ingin mencari tiket kereta api murah maka Anda bisa menanyakan ke kasir minimarket tersebut apakah ada tiket yang sedang promo atau tidak.
  • Pesan melalui traveloka atau website lainnya, karena biasanya website seperti ini akan sering memberikan diskon dan juga promo tiket kereta api.

Itulah beberapa tips untuk membeli tiket kereta api murah dan terjangkau. Tapi yang tentunya harus Anda pastikan adalah Anda memesan tiket kereta api pada situs atau website yang sudah terpercaya agar Anda tidak mudah untuk ditipu oleh oknum – oknum yang kurang bertanggung jawab. Dan juga semoga artikel ini bisa sedikit membantu bagi Anda yang sedang mencari ataupun ingin membeli tiket kereta api dengan harga yang murah. Semoga Anda bisa mendapatkan tiket kereta yang murah dan juga nyaman, selamat menikmati perjalan Anda dengan kereta api semoga selamat sampai tujuan.