Perkembangan anak mengacu pada urutan perubahan fisik, bahasa, pikiran, dan emosi yang terjadi pada anak sejak lahir hingga awal masa dewasa. Selama proses ini seorang anak berkembang dari ketergantungan pada orang tua/wali mereka ke peningkatan kemandirian. Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh faktor genetik (gen yang diturunkan dari orang tua mereka) dan kejadian selama kehidupan prenatal. Ini juga dipengaruhi oleh fakta lingkungan dan kapasitas belajar anak.

Tumbuh Kembang anak dapat ditingkatkan secara aktif melalui intervensi terapeutik yang ditargetkan dan praktik berbasis rumah yang tepat, direkomendasikan oleh Terapis Kerja dan Terapis Bicara. Apa yang termasuk dalam perkembangan anak?

Perkembangan anak mencakup lingkup penuh keterampilan yang dikuasai seorang anak selama masa hidupnya termasuk pengembangan dalam:

  • Kognisi – kemampuan untuk belajar dan memecahkan masalah
  • Interaksi sosial dan regulasi emosional – berinteraksi dengan orang lain dan menguasai kontrol diri
  • Bicara dan Bahasa – memahami dan menggunakan bahasa, membaca dan berkomunikasi
  • Keterampilan fisik – keterampilan motorik halus (jari) dan keterampilan motorik kasar (seluruh tubuh)
  • Kesadaran sensorik – pendaftaran informasi sensorik untuk digunakan

Mengamati dan memantau perkembangan anak adalah alat penting untuk memastikan bahwa anak-anak memenuhi ‘tonggak perkembangan’ mereka. Tonggak perkembangan (daftar ‘longgar’ dari keterampilan perkembangan yang diyakini dikuasai pada waktu yang hampir bersamaan untuk semua anak tetapi jauh dari tepat) bertindak sebagai pedoman yang berguna untuk perkembangan ideal.

Dengan memeriksa perkembangan perkembangan anak pada penanda usia tertentu terhadap kerangka waktu yang sewenang-wenang ini, memungkinkan ‘pemeriksaan’ untuk memastikan bahwa anak tersebut secara kasar ‘sesuai jalur’ untuk usia mereka.

Jika tidak, pemeriksaan tonggak perkembangan ini dapat membantu dalam deteksi dini setiap cegukan dalam pengembangan. ‘Pemeriksaan’ ini biasanya dilakukan melalui layanan anak / ibu dan dokter anak sebagai bayi dan balita, dan kemudian melalui penilaian keterampilan masa sekolah dan sekolah.

Mengapa Tumbuh Kembang Anak Penting?

Deteksi sedini mungkin (dan pengobatan intervensi awal jika sesuai) dari tantangan perkembangan dapat membantu dalam meminimalkan dampak cegukan perkembangan ini terhadap pengembangan keterampilan anak dan selanjutnya kepercayaan diri mereka, atau berfungsi sebagai indikator diagnosis yang mungkin terjadi di masa depan.

Daftar atau tonggak tonggak perkembangan digunakan sebagai panduan untuk apa yang ‘normal’ untuk rentang usia tertentu dan dapat digunakan untuk menyorot area mana pun di mana seorang anak mungkin tertunda. Namun, penting untuk disadari bahwa meskipun perkembangan anak memiliki urutan yang dapat diprediksi, semua anak memiliki keunikan dalam perjalanan perkembangan mereka dan kerangka waktu yang mereka temui dalam banyak tonggak perkembangan.

Masalah dalam Perkembangan Anak:

Masalah dalam perkembangan anak dapat timbul karena: genetika, keadaan prenatal, adanya diagnosis spesifik atau faktor medis, dan / atau kurangnya kesempatan atau paparan rangsangan yang membantu. Penilaian khusus oleh profesional yang paling cocok (yang awalnya mungkin dokter umum atau dokter anak, dan kemudian Terapis Kerja, Terapis Bicara, Psikolog dan / atau Fisioterapis) dapat memberikan kejelasan tentang masalah perkembangan dan tingkat kepedulian.

Serta dapat membantu merumuskan suatu rencana untuk mengatasi tantangan. Karena proses perkembangan anak melibatkan berbagai keterampilan yang berkembang secara bersamaan, maka mungkin ada manfaatnya dalam berkonsultasi dengan banyak profesional.

Mengatasi tantangan perkembangan sangat penting untuk memaksimalkan kemudahan dan kecepatan perkembangan, meminimalkan kesenjangan yang terjadi antara kemampuan anak dan orang-orang dari usia sebaya mereka, kepercayaan diri anak serta frustrasi yang dapat ditemui oleh orang tua anak dan / atau pemberi perawatan.