Salah satu keuntungan bagi generasi milenial saat ini adalah sumber-sumber pengetahuan dan informasi tentang literasi keuangan makin mudah didapatkan. Termasuk bagaimana cara memaksimalkan pinjaman tunai untuk mengembangkan usaha atau memulai usaha baru sekalipun.

Efeknya, setelah memahami beberapa prioritas kebutuhan, umumnya mereka akan mulai mereview berbagai pengeluaran dan juga kebutuhan bulanan. Nah, berikut ini umumnya beberapa cara yang bisa dilakukan untuk atau keuangan secara cerdas ala milenial.

  1. Batalkan beberapa langganan otomatis

Jika kamu sudah terbiasa berlangganan secara otomatis seperti langganan tv kabel, tv berbayar, atau kanal hiburan lain yang memotong dari kartu kredit atau autodebet, mulailah untuk mengevaluasi penggunaannya.

Jika layanan tersebut hanya digunakan sesekali saja setiap minggunya, sebaiknya pikirkan ulang untuk tetap mempertahankan layanan tersebut. Pilih yang benar-benar paling penting dan paling sering digunakan, sehingga akan mengurangi pengeluaran bulanan.

  1. Gunakan paket data bundling kelompok

Beberapa operator telekomunikasi memiliki paket-paket bundling seperti paket data hingga paket lengkap yang dapat digunakan untuk keluarga atau kelompok dengan limitasi jumlah anggota di dalamnya.

Keuntungan paket bundling seperti ini umumnya menawarkan paket langganan yang lebih mudah dan terjangkau dibandingkan dengan paket yang dibeli secara individual atau hanya untuk kebutuhan personal saja.

Ibaratnya seperti membeli paket data secara “grosir” sehingga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih rendah daripada membeli secara satuan.

  1. Rajin catat pengeluaran secara realtime

Ada cukup banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mencatat semua pengeluaran harian. Selain itu, kamu juga bisa mencatat semua pengeluaran dari mutasi rekening secara lengkap kemudian dipindahkan dalam laporangan keuangan mingguan atau bulanan.

Dengan cara ini akan membantu kamu mengontrol pengeluaran sesuai dengan bujet yang sudah ditetapkan. Semakin disiplin dalam mematuhi anggaran, semakin baik pula dalam mengatur keuangan.

  1. Berhemat listrik dengan kurangi penggunaan alat elektronik

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menghemat penggunaan listrik diantaranya dengan mencabut charger atau colokan alat-alat elektronik yang selama ini selalu terhubung ke saklar listrik.

Cara sederhana seperti ini ternyata sangat efektif untuk mengurangi tagihan listrik yang dampaknya akan mengurangi juga biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan. Lepaskan semua colokan dari saklarnya sebelum meninggalkan rumah. Matikan semua lampu jika tidak digunakan. Selain demi keselamatan juga demi efisiensi penggunaan listrik.

  1. Beli kendaraan dengan cicilan paling ringan

Kendaraan menjadi salah satu yang tidak bisa dipisahkan dari keluarga milenial. Apalagi jika sudah memiliki anak. Belilah kendaraan secara kredit dengan mempertimbangkan besaran cicilan. Setidaknya cicilannya tidak melebihi 30% dari pendapatan.

Terlebih jika kamu sudah punya cicilan untuk pinjaman tunai lainnya, pastikan total utang tersebut persentasenya tidak melebihi dari batas ideal sepertiga dari pemasukan bulanan.

Pilih pinjaman tunai yang memberikan bunga terbaik seperti Kredivo. Kredivo menawarkan bunga pinjaman hanya 2,95% saja per bulan dengan pilihan tenor fleksibel mulai dari 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan saja.

Setiap pinjaman akan dikenai biaya admin sebesar 6% dari jumlah total pinjaman. Kelebihan lainnya, Kredivo dapat memberikan kredit limit hingga Rp30 juta per akun premium yang disetujui. Pengguna akun premium dapat mengajukan pinjaman mini maupun pinjaman jumbo lewat aplikasi Kredivo.

Tidak perlu ragu manfaatkan pinjaman cepat untuk modal usaha lewat Kredivo. Yuk, download aja sekarang aplikasinya lewat Google Play Store atau App Store dengan mudah.