BANTEN – Memasuki hari ketiga pasca Tsunami yang menerjang pesisir Banten, warga Kampung Cibeureum, Desa Carita, Pandeglang, Banten, mendapatkan Layanan Kesehatan dari tim Dompet Dhuafa. Pada Selasa (25/12), tim Medis Dompet Dhuafa memeriksa kesehatan warga terdampak.

Kordinator Pos Medis Dompet Dhuafa, Najib mengatakan, melalui layanan kesehatan yang diadakan di pos medis Dompet Dhuafa, tentu memiliki tujuan agar masyarakat sekitar peduli dengan kondisi kesehatannya pasca tsunami melanda. Faktor makan tidak teratur, jam tidur yang kurang dapat membuat daya tahan tubuh menurun. “Selain memeriksa kesehatan, kami juga menghimbau masyarakat agar memperhatikan kondisi kesehatannya,” ucapnya.

Gelombang tinggi yang di akibatkan oleh siklus tahunan cuaca ditambah meningkatnya aktivitas anak Gunung Krakatau, membuat warga Carita yang tinggal di pesisir pantai terpaksa mengungsi dan tak sedikit yang harus pulang-pergi meninggalkan rumahnya. Tujuannya adalah mencari tempat tinggi agar terhindar dari gelombang tinggi berpotensi tsunami.

“Alhamdulillah dengan adanya Dompet Dhuafa kami dapat terbantu atas penanganan kesehatan secara cepat. Sehingga kami dapat mengetahui kondisi dan memeriksakan kesehatan,” tutur Deden (40), salah satu korban selamat bencana tsunami di pesisir Selat Sunda.

Puluhan orang antusias memeriksakan kesehatannya ke pos medis Dompet Dhuafa. Mulai dari lanjut usia, orang dewasa, dan tak sedikit usia anak serta balita. Pasca tsunami, banyak masyarakat yang mulai terjangkit penyakit ispa, batuk, nyeri otot (mialgia), dan pusing.

Korban tsunami mulai khawatir dengan penyakit yang menyerang anggota keluarganya. Faktor makan tidak teratur dan kurangnya istirahat, lantaran harus pulang-pergi ke tempat aman untuk mengungsi, menjadi faktor yang menyebabkan daya tahan tubuh masyarakat penyintas menurun.

Sampai malam ini (Selasa, 25/12) Dompet Dhuafa telah menembus daerah terisolir di Kecamatan Sumur dengan memakan waktu tiga (3) jam. Evakuasi beberapa korban dengan unit kendaraan Dompet Dhuafa. (adv/key)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here