TANGERANG – Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk (PT BSD Tbk), kembali melakukan upaya nyata pelestarian lingkungan dengan menghijaukan Stadion Benteng Taruna, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia, yang jatuh tanggal 28 November setiap tahunnya, sekaligus Bulan Menanam Nasional (BMN) yang diperingati setiap Desember, Sinar Mas Land menanam 1.000 batang pohon di kawasan pusat olahraga tersebut, Kamis (20/12).

Kegiatan tanam pohon ini menjadi salah satu program Corporate Social Responsibilty (CSR) Sinar Mas Land yang mengangkat tema “BSD Peduli Lingkungan” pada tahun ini.

Kepala CSR Sinar Mas Land Idham Muchlis menjelaskan, kegiatan tanam pohon tersebut melibatkan sedikitnya 400 pelajar SD dan SMP di Kabupaten Tangerang. Selain itu, acara juga dihadiri jajaran Pemerintah Kabupaten Tangerang, pengurus KONI Kabupaten Tangerang, serta tokoh masyarakat dan ulama.

“Sebanyak 400 pelajar yang diundang, secara bersama-sama ikut menanam pohon di kawasan Stadion Benteng Taruna. Lokasi penanaman ini dipilih oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang agar kawasan stadion yang tengah dalam tahap pembangunan nantinya akan terlihat hijau dan teduh,” ujar Idham.

Menurut Idham, selain di kawasan Stadion Benteng Taruna, PT BSD Tbk juga melakukan kegiatan menanam pohon lainnya di sejumlah sekolah dan tempat ibadah di wilayah Kabupaten Tangerang serta Kota Tangerang Selatan.

“Kami melibatkan seluruh komponen masyarakat, khususnya lingkungan pendidikan, untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan sebagai langkah mitigasi terhadap perubahan iklim,” lanjut Idham.

Idham juga mengatakan, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan menanam pohon, khususnya para pelajar, bertujuan agar kegiatan ini menjadi sarana edukasi, meningkatkan kepedulian, kemampuan dan kemandirian masyarakat akan pentingnya menanam dan memelihara pohon.

Sinar Mas Land sebelumnya sudah melakukan sejumlah kegiatan dalam upaya merealisasikan Program CSR Bidang Lingkungan, yaitu Festival Hijau.
Festival Hijau telah rutin diselenggarakan oleh Sinar Mas Land sejak tahun 2004.

“Kegiatan ini merupakan upaya dari Sinar Mas Land dalam mengkampanyekan, menginisiasi, melatih, membina, dan sebagai bentuk gerakan moral, penghargaan, dan promosi terhadap semua aspek lingkungan hidup. Kegiatan ini juga melibatkan birokrasi, komunitas, ormas, dan seluruh komponen masyarakat sekitar,” tukas Idham.

Selain itu, Sinar Mas Land juga telah melakukan sosialisasi komposting kepada masyarakat Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Sosialisasi Komposting ini merupakan program yang dilakukan untuk mengajak masyarakat dalam mengelola sampah organik menjadi kompos yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pupuk alami bagi rumah tangga. Bentuk dari kegiatan ini diantaranya membangun areal komposting, pelatihan, kampanye, dan inisiasi. (JER)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here