PEKANBARU — Institut Kemandirian Dompet Dhuafa yang bekerjasama dengan PT. Chevron Pacific Indonesia, meresmikan program pelatihan keterampilan ketenagakerjaan untuk kaum dhuafa.

Program tersebut merupakan wujud pengembangan keterampilan tenaga kerja untuk mendukung peningkatan kapasitas dan kewirausahaan, bagi masyarakat dhuafa usia produktif di wilayah operasi PT. Chevron Pacific Indonesia, yang berkeinginan kuat meningkatkan kapasitas diri. Bertempat di Gedung Serbaguna Politeknik Caltex Riau. Kamis,(13/12).

GM PGPA Assets PT Chevron Pacific Indonesia, Sukamto Tamrin mengatakan, melalui program pelatihan dan sertifikasi tersebut pihaknya mengharapkan peserta memiliki peluang yang lebih besar untuk menembus pasar kerja, dan juga memiliki daya saing yang lebih tinggi dalam berwirausaha. “Program ini tentu memiliki kontribusi besar dalam pengembangan SDM. Sehingga memiliki manfaat jangka panjang bagi masyarakat Riau,” tututnya.

Ia menambahkan, dalam program tersebut, ditargetkan sebanyak 300 peserta membuka acara launching “Workforce Development Program”.

“Dengan mengangkat potensi sumber daya manusia lokal Provinsi Riau, khususnya di wilayah operasi kami, seperti Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kampar, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai, tentunya program tersebut akan memiliki dampak positif yang besar bagi pengembangan Sumber Daya Manusia.” ungkapnya.

Sementara, Direktur Institut Kemandirian Dompet Dhuafa, Juperta Panji Utama menuturkan, Program yang bergulir di Riau ini, insyaa Allah akan siap membekali para peserta dengan pelatihan dari berbagai bidang yang ada. Sehingga, setelah selesai mengikuti kelas nanti, para peserta siap untuk memajukan bangsa melalui keterampilan yang ia miliki, sebagai bekal menghadapi era industri 4.0.

“Alhamdulillah, pada hari ini, Institut Kemandirian Dompet Dhuafa yang bekerjasama dengan PT. Chevron Pacific Indonesia, telah resmi meluncurkan program pelatihan keterampilan ketenaga kerjaan untuk kaum dhuafa.” jelasnya dalam sambutan pada launching program tersebut.

Pelatihan tersebut terbagi dalam berbagai bidang konsentrasi, yaitu pelatihan desain tata busana, pengolahan pangan, komputer, bengkel, dan pengelasan. Pelatihan tersebut rencananya akan berlangsung hingga Agustus 2019 mendatang. Melalui program workforce development akan memiliki dampak positif yang besar bagi pengembangan sumber daya manusia. Memberdayakan potensi masyarakat Riau, dapat menabah sinergi program tersebut dengan memberikan kontribusi dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia lokal yang ada, terutama di usia produktif.Sebagai kolaborasi tim pelaksana, Institut Kemandirian Dompet Dhuafa dan Politeknik Caltex Riau, tentu juga akan menggandeng sejumlah pihak, termasuk dari instansi pemerintahan. (Adv/ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here