JAKARTA– Jutaan umat muslim mendatangi kawasan monas dan sekitarnya untuk mengikuti acara Reuni Akbar 212, Minggu (2/12) lalu. Acara yang dimulai dengan sholat tahajud bersama hingga tausiyah tersebut berlangsung damai dan tertib.

Ketertiban dan kedamaian tersebut juga dirasakan para relawan Komunitas Nasi Jumat (Sijum). Menyediakan delapan tenda berwarna hijau, komunitas ini membagikan secara gratis makanan dan minuman kepada para jamaah yang hadir dalam reuni akbar tersebut.

Mulai dari makanan berat seperti nasi kuning, nasi uduk, nasi kebuli dan lainnya hingga makanan ringan seperti bubur kacang hijau, roti dan kue kering lengkap dengan teh manis dan kopi hangat hingga ribuan botol air mineral.

Salah satu relawan Sijum Tangsel The Power Of Sedekah Maya Marthia mengatakan, kegiatan berbagi ini merupakan bagian dari gerakan komunitas ini untuk menyalurkan bantuan yang diberikan dari donatur untuk para jamaah. “Dan kali ini kami hadir dan terlibat pembagian makanan dan minuman untuk para jamaah yang hadir di reuni akbar 212 tahun ini,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk total makanan yang dibagikan dalam kegiatan tersebut sebanyak 20 ribu porsi. “Allhamdulliah bersyukur semuanya sudah kita bagikan kepada jamaah. Terima kasih jamaah dan para donatur yang terlibat dalam kesuksesan ini,” jelas Maya.

Sementara, Abdullah Marwah salah satu jamaah yang datang dalam aksi damai reuni 2012 menuturkan, terbantu seklai dengan hadirnya posko Komunitas Sijum. “Kehadirannya saya apresiasi dan sangat membantu kami para jamaah aksi memperoleh makanan dan minuman secara gratis. Terima kasih Sijum,” tuturnya.

Untuk diketahui, Komunitas Nasi Jumat (Sijum) aktif membangikan nasi kotak kepada jamaah sholat Jumat, anak yatim piatu, duafa, disabilitas, hafidz quran dan lainnya. Aktivitas mereka dilakukan di setiap hari Jumat akhir pekan. (dem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here