TANGERANG– Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah mengunjungi Kampung Cyber di Kelurahan Patehan, Yogyakarta, Rabu (28/11) sore.

Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk berbagi ilmu pengembangan Kampung Tematik yang saat ini sedang digalakkan oleh Pemkot Tangerang.

“Kolaborasi dan berbagi ini kan menjadi salah satu kunci untuk memecahkan berbagai persoalan perkotaan, termasuk di Kota Tangerang, untuk itulah kami kesini, sebelumnya kami juga sudah ke Malang dan Semarang untuk sharing soal pengembangan Kampung Tematik, ” ujar Arief saat diterima langsung oleh Penggagas Kampung Cyber yang sekaligus juga Ketua RT 36/09 Kelurahan Patehan, Antonius Sasongko di Balai Warga setempat.

Kampung Cyber sendiri merupakan salah satu Kampung Tematik yang terletak di RT 36/09 Kelurahan Patehan, Yogyakarta. Sesuai namanya, di Kampung Cyber hampir seluruh rumah yang ada di RT tersebut sudah tersambung layanan internet yang dikelola secara mandiri oleh warga. Saat ini kampung Cyber sudah menjadi Kampung Wisata yang menawarkan perpaduan antara kemajuan teknologi dan tradisi Yogyakarta. Sehingga banyak tokoh yang telah berkunjung ke Kampung Cyber, seperti pendiri Facebook Mark Zuckenberg dan juga Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara.

“Semangat kita ini kan ingin membenahi persoalan perkotaan dari level yang paling kecil yaitu RT atau RW, makanya kami sangat tertarik dengan pola pengembangan Kampung Cyber yang murni berasal dari ide kreatif masyarakat,” tutur Arief.

Terlebih, lanjut Arief kolaborasi dan semangat berbagi diyakini menjadi kunci bagi kota-kota di Indonesia untuk bisa memecahkan berbagai persoalan perkotaan.

“Dan kami sendiri juga sudah membagikan berbagai aplikasi yang kami bangun, secara gratis ke berbagai kota di Indonesia,” terangnya.

Arief juga berharap seiring dengan terjalinnya komunikasi dan kolaborasi antar kota bisa menyelesaiakan berbagai persoalan yang dihadapi oleh pemerintah daerah.

“Sebelumnya kami juga belajar ke Malang, berguru langsung ke Ketua RW disana yang berhasil menata kampungnya,”

“Kemudian kami juga berkunjung ke Semarang untuk belajar pengembangan UMKM di Kampung-kampung, dan itu langsung kita implementasikan sehingga muncullah kampung-kampung Tematik di Kota Tangerang,” paparnya.

Antonius Sasongko, Pendiri Kampung Cyber yang juga Ketua RT menyampaikan apresiasinya kepada Pemkot Tangerang yang sangat serius membenahi persoalan perkotaan dengan memulainya dari kampung.

“Terus terang kalau kami disini mandiri Pak, munculnya Kampung Cyber itu murni berasal dari masyarakat enggak ada campur tangan pemerintah. Makanya kami sangat kagum dengan semangat Pak Wali yang begitu perhatian dengan wilayahnya,” ucapnya.

Keberadaan Kampung Cyber sendiri, lanjut Antonius telah berhasil mengangkat harkat dan martabat warga Kampung Cyber.

“Banyak dampaknya, dari warga yang mulai melek teknologi, kemudian juga sektor UMKM berkembang dulu ada yang jualan pancing di rumah sekarang karena pemasarannya sudah bisa online tokonya jadi lebih besar, pengrajin batik pun juga sangat terbantu,” paparnya.

“Saat ini kami juga sudah bisa membangun aplikasi administrasi RT/RW yang juga diadopsi oleh Pemkot Yogyakarta, pokoknua dampaknya luar biasa termasuk juga dari sisi pariwisata,” tambahnya. (Juf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here