TANGERANG – Untuk meningkatkan kualitas tenaga kesehatan di Indonesia, Siloam Hospitals Group meresmikan Pusat Pelatihan Tenaga Kesehatan atau Siloam Training Center (STC) yang berlokasi di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK-UPH) Lt.10, Lippo Village, Kabupaten Tangerang, Senin, (26/11).

Sebagai pusat pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja sama oleh Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (PPSDM Kemenkes RI). Terlebih dengan pertumbuhan pesat dari industri pelayanan kesehatan di Indonesia, tantangan rumah sakit ada di ketersediaan SDM.

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh M. Royan selaku Kepala Bidang Pengendalian Mutu Pelatihan PPSDM Kemenkes RI. Menurutnya, pelayanan kesehatan bermutu tinggi tidak pernah lepas dari tenaga medis yang terlatih dan kompeten. Bahkan STC berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan proses akreditasi menjadi ajang institusi untuk evaluasi diri.

“Maka akan ada jaminan kepada masyrakat bahwa dapat dijamin mutunya dan dapat dipertanggung jawabkan. Pelatihan kesehatan tidak boleh dilakukan asal-asalan karena tenaga perawat mahir ya benar-benar sesuai dengan profesinya,” ujarnya.

Kata Royan, ini pertama kali di Indonesia, rumah sakit swasta yang mengusulkan atau mengajukan untuk di akreditasi melalui PPSDM demi menjaga kualitas mutu di bidang kesehatan. Pihaknya sangat mendukung kehadiran STC sebagai mitra pemerintah untuk memajukan dan mengembangkan pelayanan kesehatan berkualitas.

“Kami berharap dengan hadirnya fasilitas ini, akan lebih banyak lagi tenaga kesehatan yang dapat dilatih dan dipersiapkan untuk menjadi profesional yang handal dan kompeten dalam menjalankan pelayanan kesehatan di Indonesia,” paparnya.

Sementara dalam kesempatan ini, Caroline Riady, Deputy President Director Siloam Hospitals Group mengatakan, kualitas pelayanan kesehatan bermula dari staf yang terlatih yang tau bagaiamana cara memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

“Kami juga memberikan kesempatan bagi rumah sakit lain untuk melakukan training center. Bukan hanya fasilitas untuk mengajar saja, tapi ini sebagai wujud komitmen untuk meningkatkan kualitas bagi semua rumah sakit siloam,” imbuhnya. (CNG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here