TANGERANG – Sekolah Pembangunan Jaya (SPJ) menggelar event rutin tahunan yang rutin dilakukan sejak tahun 2008, yakni Global Entrepreneurship Week (GEW) mulai 12 hingga 17 November 2018.

Kegiatan ini dalam rangka mengembangkan kewirausahaan sejak dini bagi para siswa SD, SMP dan SMA Pembangunan Jaya bertema Set Up Your Mind To Be An Entrepreneur di Sekolah Pembangunan Jaya, Bintaro Jaya Sektor 3, Pondok Aren, Tangsel.

Diketahui, GEW merupakan event internasional. Berawal dari sebuah kegiatan kewirausahaan di London yang dilakukan sejak tahun 2008 lalu.

“GEW bertujuan untuk menciptakan benih-benih kewirausahaan dan sebagai wadah para siswa untuk melakukan praktek kewirausahaan yang dikerjakan dari mereka sendiri,” ujar Ketua GEW 2018, Marini Diah.

Para siswa katanya, harus mengumpulkan bahan modal terlebih dahulu demi mengikuti event tahunan GWE. Caranya, menggelar garage sale untuk mencari modal.

“Mereka pertama membuat bisnis plan dahulu, mengumpulkan bahan modal ada dari barang bekas yang dikumpulkan perkelas atau membuka garage sale di unit kelas. Kemudian, hasilnya untuk modal jualan,” tambahnya.

Melalui bisnis plan, anak-anak bisa mendapatkan pembelajaran berharga mengenai berwirausaha.

“Dari hal-hal tersebut para siswa mendapatkan pembelajaran. Kita ini, mengibaratkan seperti mendulang emas, nggak mudah butuh proses begitu juga dengan anak-anak. Mereka nanti akan mengerti susahnya mencari uang dan membutuhkan proses panjang,” jelas Marini.

Di GWE 2018 terdapat puluhan stan yang diisi dari siswa PJ diantaranya TK ada 2 stan, SD ada 24 stan, SMP 12 stan, dan SMA 13 stan yang menjual berbagai macam kuliner, craft dan lainnya.

Nantinya, keuntungan penjualan akan masuk ke kantong para siswa. Marini pun, berharap agar siswa PJ menjadi entrepreneur yang handal di masa yang akan datang. (CNG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here