TANGERANG – Danish Culinary School (DCS) merupakan lembaga edukasi kuliner pertama di Tangerang Selatan (Tangsel) dan baru saja diresmikan Ruko Golden Boulevard, Blok E Nomor 8, BSD City, Selasa (6/11).

Mempunyai visi menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada keahlian dan wirausaha di bidang kuliner dan juga mencetak lulusan profesional.

Dalam kesempatan ini, Direktur DCS, Taufik Hidayat Syah merasa bangga telah melaunching sekolah kuliner yang diidam-idamkan sejak lama untuk mendirikan sekolah kuliner.

Tak hanya itu, ia juga ingin meningkatkan produk UKM di Tangsel yang di dominasi bidang kuliner tetap berkualitas dan mampu bersaing dengan makanan bintang lima.

“Di Tangsel UKM nya itu sangat pesat, ada lebih 80 persen UKM kuliner. Tapi, kualitas penampilan produk masih kalah, kami ingin membuat lembaga edukasi di bidang kuliner, agar bisa meningkatkan standar masakan, baik dari penampilan maupun rasa,” ujar Taufik.

Maka dari itu Taufik menyediakan enam program, lima diantaranya program pilihan yang dapat dipilih oleh lulusan SMA maupun SMK. Diantaranya program sembilan bulan profesional hotel siap kerja, teruntuk bagi lulusan siswa SMA/SMK yang siap bekerja di hotel, restoran atau catering.

“Kedua program enam bulan profesional bagi yang ingin mendalami bidang pastry dan bakery. Ketiga, program tiga bulan cruise ship yang ingin bekerja di kapal pesiar. Keempat program kursus masak harian bagi masyarakat umum yang ingin berlatih memasak. Kelima, program D3 perhotelan,” tuturnya.

Tak hanya untuk lulusan SMA/SMK, Taufik sengaja menyediakan pelatihan bagi masyarakat yang ingin mempelajari dan berlatih untuk memasak resep makanan.

Hal itu, bertujuan untuk meningkatkan kuliner UMKM di Tangsel agar bisa bersaing dan mempunyai cita rasa yang unik.

“Yang saya harapkan kuliner UMKM di Tangsel berkelas dan menjadi trend center kuliner. Apalagi di program ini, masyarakat bisa memilih resep makanan tertentu baik dari daerah, masakan catering, masakan asia, western dan lainnya. Mereka juga bisa memilih paket kursus dari daftar kursus makanan yang tersedia dan juga bisa melalukan kelas masak baik grup maupun privat,” tuturnya.

Sebagai seorang chef yang sudah malang melintang di dunia industri makanan, Taufik Hidayat Syah tergugah untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dan yang paling menarik dari program yang disediakan oleh DSC juga terdapat program enam bulan sekolah kuliner luar biasa. Yang ditujukan untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Dalam lauching tersebut, juga dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Dinas Pariwisata Tangsel, Dinas Pariwisata Tangerang Kota,Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas koperasi dan UMKM, Dinas Pendidikan dan Dinas Ketahanan Pangan. (cNg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here