DEPOK – Setelah diresmikan pada tahun 2017 silam, situs crowdsourcing “riveradoption.com” yang digagas oleh Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) kini sudah mencapai tahap realisasi program.

Bentuk dari realisasi tersebut berupa penanaman pohon dan perlombaan kreativitas anak bertemakan Sungai Ciliwung yang dilakukan di Kampung Utan Jaya, Depok, Jawa Barat. Kampung Utan adalah salah satu pemukiman yang dialiri Sungai Ciliwung. Agenda penanaman pohon telah dilaksanakan pada pagi hari ini, Jum’at, (2/11) sementara perlombaan kreativitas anak telah dilakukan pada Jumat, (26/10) silam.

Riveradoption.com merupakan platform yang menjembatani tiga unsur penting dalam kegiatan peduli sungai, terutama Sungai Ciliwung. Unsur-unsur tersebut adalah inisiator, adopter, serta volunteer.

Inisiator adalah individu ataupun komunitas penggagas program. Adopter adalah sponsor atau donatur, sementara volunteer adalah tenaga yang turun tangan dalam pelaksanaan program. Tujuan utama dari website ini yaitu untuk menghimpun seluruh unsur tersebut supaya dapat berpartisipasi dalam kegiatan adopsi sungai secara bersama-sama.

Dalam program perdana ini, yang berperan sebagai inisiator adalah Winarso, seorang warga Kampung Utan. Lelaki paruh baya yang akrab dipanggil Pak Win ini menyalurkan program yang ia gagas tersebut melalui riveradoption. Program ini kemudian mendapat perhatian dari PT. Cargill yang akhirnya ikut serta sebagai adopter. Pelaksanaan dua mata acara dalam program ini dilakukan oleh anggota Mapala UI serta pemuda pemudi Kampung Utan sebagai volunteer. “Saya tidak suka saat ada orang yang bilang sungai adalah penyebab bencana banjir. Banjir itu ya karena perbuatan kita sendiri. Seharusnya kita malu dengan diri kita yang menyebabkan sungai itu meluapkan isinya ke darat,” ujar Win.

Lebih lanjut ia menambahkan, melihat di kampung ini banyak lahan kosong yang bisa dikelola, maka kenapa tidak kita ditanami pohon saja? Pohon dapat menjadi sumber oksigen sekaligus membantu menyerap lahan menyerap air dengan baik. “Maka saya senang sekali saat saya share program ini ke Mapala UI sebagai pengurus Riveradoption mereka tindak lanjuti sampai akhirnya terlaksana seperti ini,”ungkapnya.

Sementara, Corporate Responsibility & Sustainable Development Manager PT. Cargill, Yohanes Agung Baskoro, menyampaikan, sebagai perwakilan dari adopter pihaknya tertarik mengikuti kegiatan ini. “Ini selaras dengan konsep corporate social responsibility kami yaitu “protecting our planet” dan selain itu, pusat perusahaan kami juga ada yang terletak di Jakarta yang merupakan salah satu daerah yang dilewati Ciliwung,” imbuhnya.

Riveradoption dibangun atas dasar tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat.

Ketua Mapala UI, Muhammad Jazmi menjelaskan, “dalam program ini kita dapat menerapkan seluruh poin yang terkandung dalam tridharma perguruan tinggi. Kita dapat membantu mengajarkan masyarakat sekitar sungai ataupun masyarakat secara umum mengenai pentingnya pelestarian sungai melalui sosialisasi ataupun kegiatan interaktif seperti lomba. Selain itu kita juga dapat melakukan penelitian yang dapat menyokong pengembangan Sungai Ciliwung. Kemudian pada dasarnya, seluruh kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari pengabdian masyarakat sebab manfaat dari program ini dapat langsung dirasakan oleh seluruh masyarakat yang bermukim di sekitar Ciliwung,”

“Mimpi kami adalah menjadikan RT (rukun tetangga) ini sebagai wilayah wisata dan wilayah tanpa sampah. Program ini menjadi langkah awal untuk mewujudkannya. Memang sulit karena sifat peduli lingkungan belum dimiliki oleh sebagian warga di RT ini, tapi perlahan kita bergerak untuk mewujudkannya mulai dari hal-hal kecil seperti program ini,” ungkap Ketua RT.10/RW 03, Ahmad Syaefudin.

Kedepannya, riveradoption.com diharapkan dapat menjadi wadah bagi seluruh lapisan masyarakat yang ingin berkontribusi dalam segala bentuk pelestarian Ciliwung maupun sungai lainnya. Dengan menyatukan kemampuan masing-masing, tentu saja revitalisasi serta pengembangan sungai akan lebih mudah dan lebih cepat terlaksana. (Rls/key)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here