TANGERANG – Sinar Mas Land melalui PT. Bumi Serpong Damai Tbk berkomitmen untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia, salah satunya dengan mendukung Program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) untuk diterapkan di sekolah-sekolah di sekitar kawasan BSD City.

Bentuk dukungan tersebut diejawantahkan dengan melaksanakan pelatihan GSM bagi 150 sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah (MI) di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Pelatihan tersebut diselenggarakan selama tiga hari, mulai 7 November hingga 9 November 2018 di BSD City.

Sosialisasi sekaligus pembukaan pelatihan GSM digelar di Ruang Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City, Selasa (30/10).

Dalam gelaran acara tersebut dihadiri kepala sekolah dan guru dari 150 sekolah yang direkomendasikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Direktur PT BSD Tbk, Syukur Lawigena mengatakan, tujuan sosialisasi dan pelatihan tersebut guna memberikan pemahaman kepada pihak sekolah tentang program GSM sebagai salah satu bentuk softskill agar dapat bertransformasi menjadi sekolah yang layak, bermutu dan memiliki hasil pendidikan yang berkualitas.

“Kami mendukung GSM karena gerakan ini mempromosikan dan membangun kesadaran bagi kepala sekolah, guru-guru, dan seluruh pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai tempat yang menyenangkan dan manusiawi untuk belajar. Juga sebagai tempat mengembangkan potensi yang dimiliki anak, baik akademis maupun non akademis, agar anak memiliki bekal ketrampilan hidup di masa yang akan datang.” ujar Sykur.

Lebih lanjut Syukur menjelaskan, tahun 2017, Sinar Mas Land melalui PT BSD Tbk telah mendukung penerapan GSM di tingkat SMP/Madrasah Tsanawiyah. Program tersebut telah menghasilkan tujuh sekolah model yang mendapatkan pendampingan dari Tim CSR Sinar Mas Land. Sekolah-sekolah tersebut adalah SMPN 7 Tangerang Selatan, SMPN 20 Tangerang Selatan, SMP Muhamadiyah Tangerang Selatan, MTS Pembangunan Nurul Islam Tangerang Selatan, MTS An-Nashihin Tangerang Selatan, MTSN 5 Tangerang, dan SMPI Manbaul Ulum Tangerang. Hasil dari penerapan program yang diinisiasi di Yogyakarta oleh Prof. M. Nur Rizal Ph.d, berdampak positif bagi perkembangan mutu pendidikan di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

“Hal ini menjadi wujud nyata komitmen kami dalam membangun dan meningkatkan kualitas masyarakat guna melahirkan generasi penerus yang unggul.” tegas Syukur.

GSM merupakan gerakan akar rumput yang terinspirasi ajaran Ki Hadjar Dewantara yang menegaskan sekolah merupakan taman yang menyenangkan. Gerakan ini mempromosikan dan membangun kesadaran guru-guru, kepala sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai rumah kedua bagi anak, yaitu sekolah sebagai tempat yang menyenangkan dan manusiawi untuk belajar. Gerakan ini telah berjalan dengan baik di Yogyakarta dan telah memiliki beberapa sekolah jejaring di Jawa Tengah, Bandung dan Sumatera. (rls/juf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here