JAKARTA – Mendukung upaya bantuan atas bencana gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Tengah, Samsung menyerahkan donasi sebesar Rp 7,5 Milyar melalui Palang Merah Indonesia yang dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2018 di gedung PMI.

Selain melalui PMI, Samsung menambahkan bantuan senilai Rp 1,5 Milyar dengan membangun Posko Samsung Peduli untuk meringankan beban pengungsi korban gempa dan tsunami menata kembali. Implementasi donasi ini akan disalurkan terutama untuk Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi sebagai area yang paling besar terdampak. Dengan status masa tanggap darurat yang saat ini masih dikenakan untuk ketiga area tersebut, maka penggunaan dana akan dilakukan secara bertahap sesuai rekomendasi dari PMI dan dievaluasi secara berkala agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan para korban dan pengungsi.

President Samsung Electronics Indonesia, JaeHoon Kwon mengatakan, Samsung dan seluruh karyawan turut berduka atas bencana di Sulawesi Tengah ini. Terlebih lagi peristiwa ini hanya berselang empat bulan dari gempa Lombok yang masih dalam proses pemulihan.

“Selain donasi yang kami berikan lewat Palang Merah Indonesia, kami juga akan mendirikan Posko Samsung Peduli seperti yang sudah kami lakukan di Bali dan Lombok. Kami alokasikan dana senilai Rp 1,5 milyar untuk membangun Posko Samsung Peduli dan dapat sewaktu-waktu dapat kami tambah jika diperlukan, untuk membantu meringankan beban para pengungsi korban bencana gempa dan tsunami dalam menata kehidupan untuk bangkit kembali,” ujarnya.

Sementara Ketua Harian PMI, Ginanjar Kartasasmita menambahkan, donasi yang diterima dari Samsung ini akan di implementasikan sesuai dengan kebutuhan para korban dan pengungsi di Palu, Donggala, Sigi dan sekitarnya. “Bentuk layanan yang akan kami berikan adalah berupa layanan kesehatan, layanan psikososial, layanan dapur umum, distribusi air bersih, dan lain sebagainya,” paparnya. (rls/ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here