CIKANDE – Modern Cikande Industrial Estate (MCIE) yang dikembangkan PT Modern Industrial Estat (anak usaha PT Modernland Realty Tbk) semakin menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu kawasan industri terbaik.

Hal itu diperlihatkan dengan komitmen yang ditunjukkan dengan pengembangan berbagai fasilitas untuk mendukung aktivitas bisnis bagi para tenant di dalam kawasan industri yang berlokasi di Cikande, Serang. Sehingga kawasan ini kini diminati para investor dan pelaku industri, baik dari dalam maupun luar negeri.

Untuk itu, inovasi terbaru dari kawasan ModernCikande Industrial Estate adalah dengan mengembangkan kawasan industri halal pertama di Indonesia. Kawasan industri halal adalah kawasan industri yang semua di dalamnya menerapkan atau sesuai dengan standar halal Internasional. Hal ini dilakukan dikarenakan industri halal belum diterapkan secara maksimal. Padahal, Indonesia merupakan negara dengan konsumen terbesar produk makanan halal dunia yang punya nilai ekonomi mencapai 197 miliar dolar AS, disusul Turki yang mencapai 100 miliar dolar AS.

Direktur Utama PT Modern Industrial Estat Pascall Wilson mengatakan, PT Modern Industrial Estat mulai mengembangkan Modern Halal Valley, sebuah cluster industri halal yang terintegrasi pertama dan terbesar di Indonesia dengan luas 500 hektar yang berlokasi di ModernCikande Industrial Estate (MCIE) di Cikande, Serang, Banten.

Cluster ini merangkum Halal Intregrated Supply Chain, Standard Factory Building,Industrial Land, dan Logistic Park. ”ModernCikande Industrial Estate ingin berpartisipasi dalam mewujudkan visi Indonesia membangun ekosistem halal yang lengkap untuk makanan halal dan industri terkait,” ujar Pascall belum lama ini dalam keterangan persnya.

Lebih lanjut Pascall mengatakan, melalui Modern Halal Valley, ModernCikande Industrial Estate siap memfasilitasi investor industri halal, baik dari lokal maupun asing. Sebab, Modern Halal Valley merupakan zona industri halal yang merangkul nilai-nilai standar halal Internasional, memenuhi standar tertinggi mengenai halal, keamanan pangan, dan kelestarian lingkungan. “Zona industri halal yang kami kembangkan memiliki infrastruktur dan fasilitas yang menunjang manajemen dan distribusi halal, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun pasar internasional. Kami bahkan berharap nanti cluster ini bisa menjadi ekosistemnya industri halal tanah air, ” ujarnya.

Pascall menambahkan semua model dan jenis industri halal akan difasilitasi. Cluster industri halal yang terintegrasi di ModernCikande Industrial Estate telah didukung fasilitas dan infrastruktur modern yang telah terintegrasi serta memiliki akses pada jaringan pasar halal global. Kawasan ini juga akan menyediakan jasa layanan yang membantu dan memberi informasi kepada investor asing terkait semua hal tentang investasi di Indonesia.

Selain itu, Modern Halal Valley juga merupakan rumah bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), yang dalam keberadaan industri halal memiliki peran strategis sebagai industri pendukung bagi penyediaan bahan baku serta produsen produk konsumen untuk pasar Indonesia dan internasional. Untuk UKM, Moderncikande Industrial Estate menawarkan bangunan dengan ukuran 1.250 meter persegi yang dapat digunakan sebagai pabrik maupun fasilitas penyimpanan dengan standar halal internasional. (dem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here