SEMARANG- PT Astra International Tbk mengadakan Festival Kampung Berseri Astra Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas selama dua hari pada 22-23 September 2018 di Kota Semarang untuk mengajak masyarakat agar senantiasa menggunakan jalan dengan aman dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Semarang merupakan kota keempat pelaksanaan Festival Kampung Berseri Astra tahun ini. Sebelumnya perhelatan ini digelar di Bogor, Kupang dan Banjarmasin.

Acara ini dihadiri oleh ratusan pelajar, mahasiswa, komunitas dan juga masyarakat umum. Peserta dapat meraih hadiah puluhan juta rupiah dengan mengikuti berbagai kompetisi seru, seperti lomba menghias helm, lomba foto dan kuis siapa berani.

Turut hadir dalam acara ini Direktur Keselamatan Korlantas Polri, Brigjen Pol. Dr. Chrysnanda Dwilaksana dan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi yang diwakili Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang M. Khadik.

Dalam sambutannya, Direktur Chrysnanda mengatakan, keselamatan lalu lintas adalah penopang produktivitas dalam kehidupan.

“Masih banyak masyarakat yang menganggap berlalu lintas adalah hal sepele. Oleh karena itulah mari kita menyadari bahwa keselamatan pengguna jalan adalah hak semua orang,” ujar Chrysnanda.

Pada hari kedua, (23/9) diadakan berbagai kegiatan yang tak kalah menarik seperti lomba gerak jalan, sepeda hias dan kuis ranking 1.

Kegiatan Festival Kampung Berseri Astra Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat supaya menjadi contoh bagi daerah lain untuk terus menggalakkan pentingnya aman berlalu lintas.

Hal ini merupakan kegiatan yang mencerminkan salah satu dari 4 pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra, yakni kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan.

Pada pilar kesehatan dilaksanakan pos pelayanan terpadu untuk balita dan anak-anak secara rutin. Pada bidang pendidikan berkonsentrasi pada edukasi aman berlalu lintas.

Sementara pada pilar lingkungan, Kampung Berseri Astra Pandean Lamper juga memiliki area Kampung Hijau dengan tanaman herbal yang dikembangkan oleh warga masyarakat. Saat ini terdapat sekitar 60 jenis tanaman.

Pada pilar kewirausahaan, warga masyarakat di Kampung Berseri Astra Pandean Lamper juga memiliki usaha seperti tahu bakso, keripik tempe dan rambak.

Kampung Berseri Astra merupakan wujud nyata kontribusi sosial berkelanjutan Astra untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi 4 pilar kontribusi sosial berkelanjutan.

Sejalan dengan arahan pemerintah untuk menciptakan Desa Maju, Mandiri dan Sejahtera, Grup Astra kini memiliki 77 Kampung Berseri Astra tersebar di 34 provinsi di Indonesia yang tengah dalam pengembangan menuju 300 Desa Sejahtera di 100 kabupaten se-Indonesia. (rls/juf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here