TANGERANG – Ekstrakulikuler atau ekskul merupakan kegiatan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik.

Biasanya terdapat berbagai ekskul di tiap sekolah, mulai dari basket, futsal, tari ratoeh jaroe, paduan suara dan masih banyak ekskul lainnya.

Tapi, di SMP Negeri 1 terdapat ekskul yang sangat menarik yakni ekskul jurnalistik. Ekskul jurnalistik di SMP Negeri 1 Tangsel sendiri saat ini sudah memasuki angkatan keempat dengan 38 anggota.

Untuk melatih anggota ekskul jurnalistik, terdapat berbagai program dibawah bimbingan pembina ekskul jurnalistik Juwita Mangesti.

Salah satu programnya yakni study praktek jurnalistik. Baru-baru ini, ekskul jurnalistik mengunjungi radio ternama di Indonesia yakni Radio Prambors, dimana terdapat penyiar-penyiar seperti Desta, Nycta Gina, Kresna Julio, Ilham Ramdana dan masih banyak lagi Rabu (12/9).

Pembina ekskul Jurnalistik SMPN 1 Tangsel, Juwita Mangesti menjelaskan, sudah beberapa kali melakukan study praktek untuk menambah ilmu anak didiknya.

“Tujuannya diadakan study praktek ini untuk menambah ilmu dan mematangkan teori pelajaran eskul jurnalistik didalam study praktek tersebut. Disamping itu, wawasan dan kreatifitas anak-anak akan berkembang dalam ilmu jurnalistik. Ekskul jurnalistik sendiri sudah sering study praktek seperti Trans 7, Bens Radio, Trans tv, Net tv dan kali ini ke Radio Prambors,” tutur Juwita.

Lanjut Juwita, setelah study praktek yang dilakukan, anak-anaknya dapat mempraktekannya disekolah.

“Sudah dipraktekan langsung oleh anak-anak dalam bentuk pembuatan mading, meliput kegiatan sekolah, lomba fotografi dan pernah ikut kegiatan lomba jurnalis ditingkat Provinsi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Tangsel, Syadeli sangat mengapresiasi ekskul jurnalistik yang ada di SMPN 1 Tangsel. Menurutnya, kreatifitas anak sangat terasa dengan penuhnya mading yang diisi oleh anggota ekskul jurnalistik.

“Ekskul ini sudah lama, mereka sangat kreatif sekali. Ditambah dengan adanya program study praktek tentunya bisa memperkaya ilmu mereka dalam bidang jurnalistik,” imbuh Syadeli. (CNG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here