TANGERANG – Pemerintah pusat memberikan bantuan sebanyak enam unit pompa air kepada enam kelompok tani Kabupaten Tangerang. Bantuan ini diberikan untuk lantaran para petani kesulitan mengairi lahannya.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Anggota DPR RI, Eddy Kusuma Wijaya bersama Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Tangerang, Mawradi Nasution di Balai Pertanian Kabupaten Tangerang, Jalan Daan Mogot, Kelurahan Sukarasa, Kota Tangerang, Kamis, (12/7).

Eddy menerangkan, bantuan ini merupakan program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat, khususnya di bidang pertanian.

Petani di Kabupaten Tangerang seringkali kesulitan mengairi tanah pertaniannya, karena kebanyakan lahan mereka berada di tanah yang mengandalkan air hujan.

Maka dari itu, kata Eddy, pemerintah memberikan bantuan berupa pompa air enam inci untuk perkembangan pertanian.

“Hari ini ada 6 unit bantuan berupa pompa air yang diberikan. Kemarin sudah diserahkan 14 unit, total ada 20 unit,” ujarnya.

Selain itu, para petani juga kerap dihantui gangguan hama dalam proses pertanian.

Lebih lanjut, Eddy mengatakan, saat dirinya menghadiri panen di Kecamatan Sukadiri, hasil panen petani padi kurang maksimal karena gangguan hama.

Oleh karenanya, politisi PDIP ini meminta dinas terkait meningkatkan penyuluhan dan bimbingan kepada petani supaya hasil produksi mereka lebih maksimal.

“Walaupun ada pergeseran ke kegiatan lain, tetapi pertanian di Kabupaten Tangerang ini masih dominan. Sebetulnya banyak sekali program Pemerintah melalui Kementerian dalam upaya mensejahterakan masyarakat, kami mendorong agar bantuan yang sudah dianggarkan sampai ke masyarakat,”

Perwakilan Kelompok Tani asal Kecamatan Mauk, Yasir, mengapresiasi bantuan alat pertanian dari Pemerintah. Bantuan pompa air tersebut, kata Yasir, dapat menambah luas tanam dan meningkatkan kualitas produksi para petani.

“Kami sangat senang dengan bantuan alat pertanian ini karena sawah kita tanah hujan, tidak ada pengairan. Oleh karenanya kami meminta bantuan dan alhamdulillah didengar pemerintah,” tukasnya.(juf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here