CIREBON – Saat meninjau arus mudik di Terminal Harjamukti, Cirebon, Jawa Barat, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim 19 juta pemudik sudah meninggalkan Jakarta untuk berlebaran ke kampung halamannya.

Jumlah itu baru 2/3 dari total orang yang akan mudik dari yang diprediksi Kementerian Perhubungan. “Sudah 19 juta pemudik meninggalkan Ibu Kota (Jakarta) atau 2/3 dari jumlah pemudik,” ujar Budi, Selasa (12/6)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat meninjau arus mudik di Terminal Harjamukti, Cirebon, Jawa Barat

Kemenhub juga mengklaim bahwa arus mudik tahun ini lebih lancar. Bahkan angka kecelakaan dan kepadatan kendaraan di jalanan juga menurun dibandingkan musim mudik sebelumnya. Dia mencontohkan di jalur tol dari Jakarta hingga Cikopo yang tidak ada kemacetan berarti. “Musim mudik sekarang terjadi penurunan dalam statistik kami,” ujarnya.

Sementara Asisten Kapolri, Irjen Deden mengklaim bahwa angka kecelakaan selama arus mudik 2018 menurun 40 persen dibandingkan tahun lalu. Beberapa kecelakaan tunggal yang terjadi, menurutnya disebabkan faktor kelelahan pengemudinya maupun human eror. “Banyaknya kecelakaan lalu lintas tunggal dan beruntun ini diduga akibat para pemudik kelelahan. Kami berharap agar pemudik beristirahat setiap 3 jam sekali guna menjaga kondisi tubuh,” imbuhnya. (dem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here