SERPONG – Sebanyak tiga Dinas di Tangerang Selatan (Tangsel) akan dijadikan Role Model pelayanan publik di tahun 2018. Hal tersebut tentunya dengan melewati penilaian pelayanan publik seperti yang dilakukan oleh Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) melalui Kepala Bidang Koordinasi Pelayanan Publik Wilayah I Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN RB Suyatno belum lama ini.

Kepala Bidang Koordinasi Pelayanan Publik Wilayah I Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN RB Suyatno, menjelaskan, tim berkunjung untuk melihat pelayanan pokok baik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel, Dinas Pelayanan Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Rumah Sakit Umum Kota Tangsel. “Kita akan lakukan penilaian, jika kinerjannya bagus akan masuk ke nasional, dan kalau belum bagus akan dilakukan pembinaan sehingga setara dengan pelayanan publik dunia,” ungkapnya saat melakukan penilaian di kantor Disdukcapil Tangsel, di Cilenggang, Serpong.

Tim KemenPAN RB ini melakukan pembinaan pelayanan publik, evaluasi di Disdukcapil Tangsel, dengan harapan, tidak kalah dengan disdukcapil lainnya yang ada di Indonesia.

Ia menambahkan, dari hasil kunjungan ke Disdukcapil, hasil yang didapat baik sekali juga belum, buruk pun tidak, “Penilaian ini akan ada skornya, dan diumumkan pada Oktober, kalau kinerjanya unggul akan dapat skor A, B, bahkan ada yang dapat terendah, diharapkan mudah-mudahan Tangsel tidak memalukan, walaupun baru pertama kali masuk evaluasi penilaian oleh KemenPAN RB,”jelasnya.

Kementerian PANRB melakukan penilaian terkait pelayanan publik. Dari hasil evaluasi, ada yang sudah baik, ada jga yang  belum memenuhi standar pelayanan publik. “Nanti pada saat sosialisasi,  akan kita sampaikan mana saja yang sudah bagus, dan mana saja daerah yang pelayanan publiknya harus ditingkatkan,” ujarnya.

Bagi yang belum baik, katanya , Kementerian PANRB akan melakykan pendampingan. . “Jika mereka sudah bagus bisa menjadi role model, kemudian bisa dicontoh oleh daerah lain,” paparnya.

Dia mencontohkan, persyaratan pelayanan publik yang baik, setidaknya memiliki standar pelayanan publik, maklumat pelayanan, dan sudah melakukan survei kepuasan masyarakat.

Kepala Bagian Organisasi pada Sekretariat Daerah Kota Tangsel Novyar Rani mengatakan, penilaian ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan standar pelayanan. “Tahun ini yang dievaluasi ada tiga dinas yakni DPMPTSP, Disdukcapil dan Rumah Sakit Umum,”katanya.

Dalam sosialisasi ini terkiat system pelayanan publik, dan pengisian questioner dan di input, sehingga tiga SKPD ini bisa menjadi role model di 2018 terkait pelayanan publik.(key)

 

Sumber : humas_kominfo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here