JAKARTA – Berfokus pada penerapan teknologi sebagai solusi untuk perawatan gigi yang lebih efektif dan efisien dengan hasil klinis yang dapat diprediksi, 3M Dental Expo kembali diselenggarakan untuk yang kedua kalinya. 3M Melalui divisi Oral Care, bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Prostodonsia Indonesia (IPROSI), Ikatan Konservasi Gigi Indonesia (IKORGI) dan Ikatan Ortodontis Indonesia (IKORTI).

Bertajuk “Discover the Science, Improve the Skill, and Enjoy the Fun”, acara simposium kedokteran gigi yang bertaraf internasional ini diharapkan mampu membawa substansi perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran gigi di Indonesia.

Diikuti oleh lebih dari 700 dokter gigi dari seluruh Indonesia, kegiatan tersebut dilaksanakan pada 12 – 13 Mei 2018 di Hotel Mulia, Jakarta. Dengan menghadirkan tiga pembicara internasional serta enam pembicara nasional yang merupakan praktisi kedokteran gigi yang sangat kompeten di spesialisasi masing-masing.

Ketua PDGI Cabang Jakarta Pusat, Ahmad Syaukani menyampaikan , peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan jaringan gigi dan mulut saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap dunia kedokteran gigi. Tidak lagi karena mengeluh sakit saja, saat ini perbaikan estetika menjadi salah satu keluhan yang banyak disampaikan oleh pasien saat berkunjung ke dokter gigi. “Tercapainya estetika yang baik dalam rangkaian perawatan gigi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan faktor kesuksesan perawatan lainnya, seperti fungsi bicara, pengunyahan, dan kenyamanan serta stabilitas perawatan (long term). Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para dokter gigi.” jelasnya.

Ia menambahkan, para praktisi kedokteran gigi dituntut untuk lebih menguasai teknik-teknik yang secara spesifik dapat menilai masalah estetika yang ada pada pasien, menganalisis, menentukan rencana perawatan, sampai pada teknik-teknik khusus dalam melakukan perawatan gigi agar keberhasilan estetika dapat tercapai. Oleh karena itu, sebagai organisasi perhimpunan dokter gigi satu-satunya di Indonesia, hal ini merupakan suatu kewajiban bagi kami untuk dapat memfasilitasi para dokter gigi di Indonesia dengan informasi, khususnya terkait perkembangan teknologi yang berbasis ilmu pengetahuan, untuk dapat diterapkan sebagai solusi perawatan kesehatan gigi dan mulut. “Tahun ini, merupakan tahun yang kedua bagi kami, dimana tujuan utama dari kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut fokus terhadap pembahasan pengembangan teknologi kesehatan gigi dan mulut dengan pengaplikasian teknologi yang telah dikembangkan saat ini, guna meningkatkan profesionalisme dalam memberikan layanan kesehatan,” imbuhnya.

Country Business Leader, Health Care Business Group PT 3M Indonesia, Men Jung Tjoe menjelaskan, Melalui program ‘1000 Education Series’ 3M memiliki misi untuk mendukung program PDGI dalam meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia. ‘3M Dental Expo’ merupakan salah satu program PT 3M Indonesia yang diadakan setiap tahun dalam rangka mendukung program PDGI. Acara ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada dokter gigi tentang perkembangan ilmu dan teknologi kedokteran gigi yang dapat diaplikasikan dalam praktek sehari-hari untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan efisien, dengan menghadirkan pembicara bertaraf internasional serta produk dengan teknologi terbaru.

“Harapan kami, kegiatan ini dapat mengedukasi dokter gigi lebih luas dan memberikan manfaat lebih banyak dalam rangka meningkatkan kualitas serta keterampilan dokter gigi dalam memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien kepada masyarakat Indonesia,” pungkasnya. (key)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here