Prodia Resmikan Cabang Baru di Jember

189

JAKARTA – PT Prodia Widyahusada Tbk (Kode Saham: PRDA) kembali memperluas jejaring layanan kesehatannya di provinsi Jawa Timur dengan membuka cabang di Jember. Kehadiran cabang Prodia Jember ini semakin mengukuhkan posisi Perseroan sebagai Next Generation Healthcare Provider dengan jejaring layanan terbesar di Indonesia. Hingga saat ini, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 286 outlet, termasuk 139 laboratorium klinik, di 33 provinsi dan 120 kota di seluruh Indonesia.

Acara peresmian Prodia cabang Jember ini dihadiri oleh Bupati Jember dr. Faida, MMR, Kepala Dinas Kesehatan Jember dr. Siti Nurul Qomariyah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jember H. Syafi’ i, Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty dan Branch Manager Prodia Jember Renny Ell Arimanus, S.Farm.

(istimewa sb: jemberkab.go.id)

Cabang Prodia Jember yang berlokasi di Jl. PB Sudirman No. 58-A, Patrang, Jember Lor ini melayani pemeriksaan laboratorium, baik pemeriksaan rutin maupun pemeriksaan khusus. Beberapa tes pemeriksaan yang disediakan diantaranya adalah pemeriksaan hematologi, kimia, imunologi dan serologi yang meliputi pemeriksaan terkait antigen dan antibodi hepatitis B, fungsi tiroid, typhoid, serta pemeriksaan kadar glukosa, HbA1c, lemak, fungsi ginjal, fungsi hati dan elektrolit, pemeriksaan petanda tumor, hormon reproduksi, pemeriksaan diagnostic molekular, pemeriksaan osteoporosis, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty mengatakan pembukaan cabang Prodia di Jember sejalan dengan komitmen Prodia untuk memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia. “Menandai perjalanan Prodia selama 45 tahun di Indonesia, kami sangat senang dan bangga pada akhirnya Prodia dapat membuka cabang di Jember dan diberikan kesempatan untuk melayani masyarakat Jember dengan layanan pemeriksaan kesehatan yang terdepan,” tutur Dewi.

Kabupaten Jember memiliki predikat sebagai salah satu lumbung pangan Jawa Timur. Hal ini tercermin pada potensi desa/kelurahan yang 83% desa/kelurahan berpotensi di bidang pertanian yang sebagian besar berupa sawah, ladang dan kebun. Sedangkan, 17% sisanya berpotensi di bidang peternakan, jasa/perdagangan dan industri. Jumlah penduduk Kabupaten Jember tahun 2013 berdasarkan proyeksi penduduk sasaran program kesehatan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebesar 2.375.469 jiwa.

Berdasarkan Profil Kesehatan Kabupaten Jember tahun 2014, Kabupaten Jember memiliki Puskesmas sejumlah 49 unit, sehingga rata-rata rasio Puskesmas terhadap 100.000 penduduk di tahun 2013 sebesar 2. Hal ini berarti bahwa tiap 100.000 penduduk dilayani oleh dua puskesmas. Sedangkan, untuk jumlah rumah sakit di Jember pada tahun 2013 adalah 12 unit yang terdiri dari 3 unit RSU Kabupaten, 1 unit RS TNI/Polri, 2 unit RS BUMN, 4 RS Swasta, 1 unit RS Provinsi, dan 1 unit RS Kementerian lainnya.
Branch Manager Prodia Jember Renny Ell Arimanus, S. Farm berharap Prodia Jember dapat menjadi mitra bagi pemerintah setempat, para dokter, rumah sakit, klinik, dan perusahaan dalam memberikan layanan pemeriksaan kesehatan yang terdepan dan terlengkap. “Melalui kelengkapan tes pemeriksaan di Prodia, kami berharap dapat melayani masyarakat Jember dengan baik dan menjadi mitra bagi pemerintah setempat serta para dokter, dan rumah sakit dalam memberikan layanan pemeriksaan kesehatan yang terbaik,” jelas Renny.

“Saat ini, Prodia juga telah memiliki fasilitas e-Prodia yang merupakan sistem pendaftaran dan pembayaran online bagi pelanggan Prodia. Melalui layanan ini pelanggan dapat dengan mudah mendaftarkan diri, memilih jenis pemeriksaan yang diinginkan, menentukan lokasi pemeriksaan, dan pembayaran dengan cara yang diinginkan. Sistem Pendaftaran dan Pembayaran online ini dapat diakses melalui perangkat komputer, tab, ipad dan telepon genggam,” tambah Renny.

Sejalan dengan misi Prodia untuk menjadi perintis dan pemimpin dalam teknologi termutakhir (Next Generation Laboratory Medicine), Prodia telah meluncurkan beberapa tes pemeriksaan unggulan diantaranya seperti tes mutasi gen EGFR ctCDNA untuk penetapan pengobatan kanker paru secara tepat (precision medicine), pemeriksaan non-invasive prenatal testing (NIPT) yang diberi nama ProSafe, yaitu pemeriksaan unggulan untuk memprediksi risiko kehamilan bayi down syndrome, kerjasama rujukan Analisis Telomer untuk mengetahui usia biologis manusia, paket Marathon Fit Panel yakni panel pemeriksaan kesehatan bagi pelari serta Warfarin Indivtest untuk menetapkan dosis obat warfarin yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah. Prodia merupakan laboratorium klinik pionir di Indonesia yang menyediakan pemeriksaan-pemeriksaan tersebut. (rls/kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here