JAKARTA – Pekerjaan preservasi dan pembangunan jalan di Indonesia dengan penggunaan Aspal Buton (Asbuton) didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR). Hal ini juga menjadi bagian dari dukungan kebijakan peningkatan dalam penggunaan produk dalam negeri.

Pada tahun 2018 ini penggunaan Asbuton akan dilakukan pada jalan sepanjang 709 km yang tersebar pada ruas jalan di berbagai provinsi dimana jumlah Asbuton yang dibutuhkan sebesar 58.879 ton.

Asbuton merupakan kekayaan alam Indonesia dimana deposit Asbuton diperkirakan sebesar 663 juta ton dengan kandungan bitumen sekitar 132 juta ton. Asbuton tidak persis sama dengan aspal minyak sehingga teknologinya agak berbeda dengan teknologi perkerasan jalan menggunakan aspal minyak.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan KemenPUPR, Danis H. Sumadilaga mengatakan, teknologi Asbuton terus dikembangkan baik dari sisi jaminan kualitas dan teknik penghamparan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR diantaranya yakni campuran beraspal dengan Asbuton, Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA), Lapis Penetrasi Macadam Asbuton (LPMA), Butur Seal, Cape Buton Seal dan Asbuton Campuran Aspal Emulsi. “Kini juga dikembangkan bagaimana melakukan ekstraksi pemurnian (Asbuton). Jadi terpisah antara aspal dan batu dimana 99 persen adalah kandungan aspal murni,” katanya beberapa waktu lalu.

Menurut Danis, KemenPUPR telah bekerjasama dengan BUMN PT. Wijaya Karya yang akan memproduksi sekitar 2.000 ton Asbuton pada bulan Juni dan Juli 2018. “Mudah-mudahan kita berhasil dengan ekstraksi pemurnian tersebut. Karena dengan ekstraksi pemurnian tersebut, nantinya kita akan bisa lebih cepat, murah, dan lebih kompetitif karena 99 persen murni aspal,”jelasnya.

Untuk meningkatkan penelitian dan pemanfaatan Asbuton tersebut, Kementerian PUPR membentuk Loka Litbang Asbuton yang berlokasi di Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara. Unit kerja ini bertugas melakukan penelitian dan pengembangan Asbuton, melakukan pengujian dan sertifikasi produk dan teknologi Asbuton.(rls/key)

 

(Sumber : Biro Komunikasi Publik KemenPUPR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here