JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen kuat untuk membantu pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas dan digitalisasi pendidikan melalui program Sisternet yang juga dilengkapi dengan penyaluran hasil dari Program Gerakan Donasi Kuota ke lembaga-lembaga pendidikan di berbagai pelosok Indonesia.

Kali ini, XL Axiata bersama Wardah Cosmetics berkolaborasi memberikan edukasi yang dilengkapi dengan pembekalan bahan pembelajaran melalui perangkat-perangkat digital yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta memperkuat kapasitas pendidikan di Kepulauan Seribu. Kegiatan ini dilakukan dalam sebuah lokakarya atau workshop yang diikuti oleh para guru, tenaga pendidik serta perwakilan siswa dari sekolah-sekolah dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kepulauan Seribu. Senin, (30/4).

Hadir dalam acara ini antara lain, Kepala Suku Dinas Pendidikan Adm. Kepulauan Seribu, Ade Yulia Narun, General Manager Sales Operation XL Axiata Jabodetabek, Hendra Dotulong dan Manager Public Relation Wardah Cosmetics, Suci Hendrina.

General Manager Sales Operation XL Axiata Jabodetabek, Hendra Dotulong mengatakan, XL Axiata sejak awal berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan masyarakat dalam memasuki era digital. “Hal itu kami wujudkan dengan terus memperluas wilayah layanan data dan internet cepat 4G hingga ke pelosok daerah, termasuk salah satunya di wilayah Kepuluan Seribu. Selain itu, kami juga menggelar program-program yang bersifat memperkuat kapasitas masyarakat dalam memanfaatkan internet untuk tujuan produktif, baik guna meningkatkan perekonomian, pendidikan, maupun aktivitas sosial ekonomi lainnya. Kami berharap kegiatan ini yang juga mendapat dukungan dari Wardah Cosmetics dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh peserta yang hadir.” ujarnya.

Sementara itu, Manager Public Relation Wardah Cosmetics, Suci Hendrina mengatakan, “Kami sangat senang dapat turut mengambil bagian dalam program pengembangan infrastruktur di Kepulauan Seribu bersama XL Axiata. Dengan infrastruktur yang memadai, akses internet akan lebih merata, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi terkini. Hal tersebut selanjutnya akan berdampak positif pula pada kemajuan pendidikan di Indonesia.”

Pada kegiatan ini terdapat beberapa pelatihan yang akan diberikan, antara lain Internet Bagi Guru, Komunikasi Efektif dalam Belajar dan Bagaimana bergaul secara positif di Sosial Media.

Selama mengikuti workshop,peserta juga dibekali perangkat digital berupa kartu perdana Sisternet yang telah dilengkapi dengan paket data internet serta fitur XL Tunai (e-money). Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Program sebelumnya yakni Gerakan Donasi Kuota (GDK) dengan penyaluran donasi untuk 9 sekolah dan 2 PKBM di Kepulauan Seribu. Setiap sekolah penerima donasi telah mendapatkan masing-masing kuota data sebesar 20 GB/bulan selama 12 bulan (total 240 GB), serta satu unit 1 unit router XL Home berkecepatan tinggi yang dapat diakses 32 siswa.

Sekolah-sekolah yang mendapatkan donasi adalah SMPN 133 dan SMAN 69 (Pulau Pramuka), SMPN 241 dan SMKN 61 (Pulau Tidung), SMP Negeri 260 (Pulau Harapan), SMPN 285 (Pulau Untung Jawa), SMPN 288 (Pulau Lancang), SMPN Satu Atap 01 (Pulau Pari), SMPN Satu Atap 02 (Pulau Sabira). Sementara itu kedua PKBM masing-masing berada di Pulau Pramuka dan Pulau Untung Jawa.

Program GDK untuk sekolah di Kepulauan Seribu ini sekaligus merupakan dukungan kepada masyarakat setempat untuk bisa memanfaatkan lebih lanjut keberadaan jaringan data berkualitas yang telah dihadirkan XL Axiata di wilayah kepulauan itu. Saat ini, di seluruh Kabupaten Kepulauan Seribu telah terpasang sedikitnya 19 BTS 3G dan 7 BTS 4G di sejumlah pulau. Jaringan internet cepat 4G telah terpasang di wilayah tersebut sejak Juni 2017. (key)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here