Kontruksi Capai 93,34 Persen, MRT Jadwalkan Ujicoba Juni 2018

84

JAKARTA – Warga ibukota dengan mobilitasnya tinggi,  mengharapkan segera terwujudnya moda transportasi modern, cepat, tanpa macet, bersih, nyaman, tertib dan teratur, hal tersebut kini semakin dekat dengan kenyataan.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, menginformasikan perkembangan konstruksi sipil dan arsitektural MRT Jakarta fase 1. “Hingga 25 April 2018, perkembangan konstruksi sipil dan arsitektural MRT Jakarta telah mencapai 93,34 persen, meliputi stasiun layang 90,45 persen dan stasiun bawah tanah 96,24 persen,” kata William. Hal ini di ungkapkan pada “Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta” yang dilaksanakan pada Kamis (26/4) lalu di Lantai 2 Gedung Administrasi Depo Lebak Bulus.

Istimewa dok Jakarta MRT

“Dua rangkaian kereta – rangkaian satu dan dua – pun telah tiba di sini (Depo Lebak Bulus) dan segera dijadwalkan untuk mulai diuji coba pada Juni 2018 ini,” lanjut ia. Empat belas rangkaian berikutnya, William melanjutkan, akan mulai dikirim secara bertahap pada Juli hingga November 2018. Pada fase 1 ini, MRT Jakarta menyediakan enam belas rangkaian kereta yang setiap satu rangkaian keretanya memiliki kapasitas hingga 1.950 penumpang. Hadir juga dalam agenda rutin bulanan ini, Direktur Operasi dan Pemeliharaan Agung Wicaksono dan Direktur Konstruksi Silvia Halim.

Agung Wicaksono pun menyampaikan kesiapan direktoratnya dalam menyambut operasi komersial Maret 2019 mendatang. “Saat ini, kami telah menyentuh angka 50,86 persen, yang terdiri dari kesiapan institusi 72,93 persen dan kesiapan sumber daya manusia 26,95 persen.

Minggu ini Jakarta MRT  menyelenggarakan ujian sertifikasi kompetensi bagi 22 orang tenaga perawat dan pemeriksa sarana dan prasarana kereta MRT Jakarta dengan Balai Pengujian Perkeretaapian Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI sebagai tim pengujinya,” kata Agung. “Setelah ini, bulan depan (Mei 2018), akan adalah sertifikasi bersama DJK Kementerian ESDM dan Kemenaker RI,” ujar Agung. Sedangkan untuk mendapatkan pengalaman berskala internasional, lanjut ia, MRT Jakarta juga menjalin kerja sama dalam bentuk pelatihan dan pendidikan dengan sejumlah operator MRT kelas dunia lainnya seperti Prasarana Malaysia dan MTR Academy Hong Kong. (kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here