JAKARTA – Dalam Rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pasar tradisional tersebut, Kementerian Perdagangan (kemendag) menggelar acara Forum Group Discussion SNI Pasar dan SOP (Standar Operasional Prosedur) Pengelolaan Pasar di berbagai daerah, termasuk di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, yang digelar di Ballroom Hotel Kyriad Muraya, Banda Aceh. Kamis, (26/04).

Kemendag menggandeng Sinar Mas Land (SML) dalam membuat model atau prototipe standardisasi pembangunan dan tata kelola pasar yang baik dan benar, dengan mengadopsi Pasar Modern BSD City, Tangerang.

Prototipe itu terkait standar operasional prosedur (SOP) pembangunan, maupun revitalisasi pasar rakyat yang harus mengikuti standardisasi yang telah disiapkan, sehingga mudah untuk diawasi dan dipertanggungjawabkan.

Acara tersebut dihadiri oleh puluhan Dinas Perdagangan, dan pengelola pasar se Kabupaten/Kota Provinsi Aceh. Hadir sebagai pembicara Kasubdit Pengelolaan Sarana dan Distribusi Kementrian Perdagangan, Muh. Anwar Ahmad, Sustainability Development Officer Sinar Mas Land Ilham Wahyudi, Direktorat Standardisasi Nasional Dianawati, Dinas Provinsi Aceh Muh. Raudi.

Anwar Ahmad menyatakan, prototype tersebut akan dijadikan acuan dalam SOP pembangunan, maupun revitalisasi pasar rakyat yang didanai oleh pemerintah. “Di targetkan sekitar 5000 pasar rakyat di seluruh Indonesia akan direvitalisasi hingga tahun 2019 mendatang”, imbuhnya.

Pasar Modern BSD City dibangun pada tahun 2004, diatas lahan seluas 3,2 hektar. Hal itu dilakukan untuk menampung pedagang-pedagang kecil dan menengah, sekaligus mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City.

Menurut Ilham Wahyudi, Pasar Modern BSD City yang pertama tersebut, kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta. “Sejak diluncurkan hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa, “ ujar Ilham.

Sementara Sinar Mas Land melalui pembangunan empat pasar tradisional modern di berbagai proyeknya di seluruh wilayah, hingga kini telah membina sekitar 3000 UMKM. (btl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here