BINTARO – Warga RW 02 Pondok Jaya yang merupakan pelopor dalam Program RW GAUL (Giant Aksi Untuk Lingkungan) mengadakan kegiatan bertajuk “Syukuran Warga GAUL”, di halaman Masjid Nurul Iman RT 02 Pondok Jaya, Tangerang Selatan belum lama ini.

Berawal dari kepedulian Giant akan isu Lingkungan di Indonesia, salah satunya pengelolaan sampah, serta dukungan terhadap kampanye Pemerintah yang menetapkan target pengelolaan sampah yang ingin dicapai yaitu 100% sampah terkelola dengan baik dan benar pada tahun 2025 (Indonesia Bersih Sampah).

General Manager GM Corporate Affairs Giant, Tony Mampuk mengatakan, acara syukuran Warga GAUL ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur atas pencapaian yang telah dicapai, dimana sejak dimulainya program RW GAUL pada bulan Februari 2017 yang lalu, hingga saat ini sudah berhasil merubah gaya hidup warga RW 02 Pondok Jaya yang sudah dapat menerapkan hemat sampah hingga lebih dari 40%. “Dengan semangat untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik, kami berharap warga dapat menginspirasi warga sekitar untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan terutama dalam mengurangi sampah,” Ujar Tony.

Pada acara yang juga menjadi rangkaian dari kegiatan Menuju RW Tangerang Selatan Tanpa Sampah ini, Giant mengajak Warga GAUL, yakni perwakilan dari tiap RT di RW 02 Pondok Jaya, untuk mengikuti tantangan serta mempraktekkan gaya hidup minim sampah.

Pada tahun pertama, Warga GAUL yang merupakan warga pelopor, telah diajak langsung melihat Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Cipeucang, Tangerang selatan. Kemudian melakukan tantangan 14 hari Rumah Minim Sampah yang berhasil mengubah perspektif warga akan sampah yang dihasilkan. Selain itu, Warga GAUL juga dibekali pengetahuan menggunakan bahan daur ulang dan memanfaatkan sumber daya sekitarnya melalui diskusi dan pelatihan yang diadakan secara berkala.

Selama setahun ini, Warga GAUL juga secara aktif dan antusias menyebarluaskan pengetahuan mengenai pengelolaan sampah kepada masyarakat sekitarnya, sehingga saat ini kegiatan RW GAUL bukan diikuti oleh warga pelopor saja, namun juga hampir selalu dihadiri seluruh warga RW 02 Pondok Jaya, didukung kerja sama perangkat RT dan RW.

Tahun 2018 merupakan tahun kedua program RW GAUL berlangsung, dan warga sudah sampai pada tahapan untuk memulai proses perencanaan sistem tata kelola sampah dengan lebih mendalam. Pada syukuran warga GAUL ini, akan diperlihatkan bagaimana Warga mengaplikasikan pola hidup minim sampah dan juga proses pemanfaatan olahan sampah yang telah dihasilkan melalui rangkaian dokumentasi yang dikemas dengan menarik. Semua hal tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan. (ady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here