Diskominfo Tangsel Luncurkan Tiga Sistem Aplikasi Terbaru

203

CIPUTAT – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali menciptakan hasil karya teknologi tiga model sistem aplikasi berbasis android dan iOS. Ketiga aplikasi yang mudah diakses serta kini diluncurkan antara lain, Tangsel Belajar, Ruang Rapat Pusat Pemerintahan (Rupa Puspem) dan Pantau Harga Pasar Tangsel (Pagar Tangsel).

Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian, Tubagus Asep Nurudin mengatakan, Tangsel Belajar adalah sistem aplikasi pembelajaran secara online yang merupakan satu program kerja dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan untuk para warganya dalam belajar bahasa Inggris secara gratis.”Aplikasi model seperti Tangsel Belajar setahu saya belum ada di daerah lain. Proses belajar dilakukan secara online melalui video call antara murid dan pengajar. Video call bisa dilakukan melaui aplikasi Android dan IOS yang telah disediakan atau bisa melalui website Tangsel belajar,” katanya, Kamis (12/4).

Asep menjelaskan, untuk mengakses aplikasi tersebut bisa melalui tangselbelajar.tangerangselatankota.go.id atau versi mobile baik android maupun iOS. Adapun untuk versi android buka playstore lalu cari tangsel belajar kemudian instal. Untuk model iOS buka apps store lalu instal tangsel belajar.

Ia memastikan bahwa keunggulannya adalah melalui aplikasi ini peserta kursus tidak perlu lagi mendatangi tempat kursus ataupun membayar biaya. Sebab semuanya dilakukan secara online dan privat satu guru satu murid. “Dan semua ini dapat diakses secara gratis bagi warga Tangsel yang memiliki KTP atau NIK Tangsel,” jelas Asep.

Sedangkan model Pagar Tangsel adalah aplikasi pemantauan harga kebutuhan bahan pokok secara online secara tepat waktu atau realtime. Aplikasi ini dibangun dalam rangka memberikan kemudahan bagi warga untuk dapat mengetahui harga harga kebutuhan pokok dan membandingkan harga-harga tersebut dengan beberapa pasar lainnya. Aplikasi ini dapat di akses melalui website pagar.tangerangselatankota.go.id. “Sehingga dengan aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui di pasar mana harga yang paling murah. Dengan aplikasi ini juga akan menghindari adanya permainan harga,” sebutnya.

Untuk Rupa Tangsel adalah aplikasi penjadwalan ruang rapat secara online. Dengan aplikasi ini maka setiap organisasi perangkat daerah ,(OPD) yang akan menggunakan ruangan rapat dapat mengecek jadwalnya saat itu juga apakah sedang terpakai ataupun kosong.

Aplikasi ini juga memudahkan pimpinan dalam mengetahui kegiatan-kegiatan rapat yang sedang dilangsungkan saat itu juga. “Selain untuk mengetahui jadwal rapat, melalui aplikasi ini, setiap OPD dapat mengajukan permohonan penggunaan ruang rapat melalui aplikasi ini,” tambah Asep. (ady)

 

Sumber : (humas-kominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here