JAKARTA – Dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Yayasan Kanker Indonesia (YKI) ke 41, terdapat pihak yang menyalahgunakan nama Yayasan Kanker Indonesia dan bermaksud menggalang dana masyarakat. Ajakan tersebut meminta masyarakat dan perusahaan-perusahaan untuk beriklan di sebuah media nasional dan bagi yang berpartisipasi mengharuskan memberikan dana dalam jumlah tertentu dengan imbalan penempatan logo mereka.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP, mengatakan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat dan perusahaan-perusahaan untuk berhati-hati serta tidak terperdaya oleh oknum yang menggunakan nama Yayasan Kanker Indonesia secara illegal untuk kepentingan diri sendiri dengan menarik dana dari masyarakat. “Kami tidak pernah menyelengarakan iklan Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk badan itu sendiri.” Jelas Aru.

YKI membuka pintu untuk donasi secara langsung oleh masyarakat maupun perusahaan dan tertera jelas pada Buletin HARPA (buletin kwartalan YKI), dan juga melalui situs www.yayasankankerindonesia.org.  Adapun rekening yang digunakan untuk donasi resmi YKI menggunakan nama Yayasan Kanker Indonesia, dan bukan atas nama individu atau perusahaan lain.

Donasi yang diberikan masyarakat kepada Yayasan Kanker Indonesia diterima oleh rekening resmi YKI dan digunakan untuk penanggulangan kanker, baik program promotif, suportif, preventif dan paliatif, dan bukan untuk pemasangan iklan dan apalagi untuk mengambil keuntungan dari kegiatan tersebut.

“Masyarakat dihimbau untuk lebih berhati-hati agar tidak terperdaya oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Yayasan Kanker Indonesia untuk penggalangan dana bagi kepentingan sendiri.” Pungkasnya. (btl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here