JAKARTA – Sebagai solusi di tengah masih rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat terhadap bisnis pergadaian, PT Pegadaian (Persero) agresif melakukan literation fair di 19 kota di Tanah Air . Dalam acara tersebut sekaligus memperkenalkan berbagai produk dan layanan Pegadaian yang semakin beragam.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Sunarso mengatakan, dalam rangka ulang tahun PT Pegadaian ke 117, pihaknya gencarkan literasi keuangan di berbagai kota.”Hal ini kami lakukan agar pengetahuan masyarakat tentang bisnis pergadaian dan produk serta layanan Pegadaian meningkat,” ujar Sunarso di sela-sela Pegadaian Literation Fair di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan. Sabtu (31/3).

Menurut data riset Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, literasi atau pengetahuan penduduk tentang pergadaian masih terbilang rendah. Baru sekitar 15 persen dari jumlah penduduk indonesia yang tahu pergadaian. Sedangkan yang menjadi nasabah Pegadaian baru 5 persen.

Sunarso menambahkan, Pegadaian Literation Fair semacam roadshow ke berbagai mal di 19 kota di Indonesia yaitu Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Bandung, Jakarta, Semarang, Tegal, Yogyakarta, Bekasi, Surabaya, Denpasar, Makassar, Manado, dan Jayapura.

Diharapkan dari hari ke hari semakin banyak masyarakat khususnya pelaku usaha mikro dan UKM yang semakin mengenal Pegadaian. “Kami punya target tahun ini meningkatkan nasabah Pegadaian naik sekitar dua juta nasabah menjadi 11,5 juta nasabah dan Literation Fair menjadi sangat strategis dan efektif untuk memperkenalkan bisnis pergadaian dan juga PT Pegadaian (Persero) beserta produk dan layanannya,” tambahnya.

Sementara itu, untuk mencapai 11,5 juta nasabah pada tahun ini Pegadaian akan melakukan digitalisasi business process, pengembangan distribution channel melalui Agen Pegadaian maupun produk berbasis digital dan tranformasi di bidang human capital termasuk corporate culture.

Lebih lanjut Pegadaian saat ini sudah terjun ke berbagai lini bisnis selain gadai yang belum banyak diketahui masyarakat. Seperti mikro finansial, pola pembiayaan syariah, investasi emas, tabungan emas, aneka jasa pembayaran iuran televisi berlangganan, telepon, air, pembelian pulsa hingga gadai emas untuk ibadah haji. (btl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here