Tiga Value Utama BNI CINTA: Thoughtfulness, Familiarity dan Simplicity

238

JAKARTA – Cinta, yang merupakan singkatan dari Chat with your INTelligent Advisor, adalah kanal baru dari BNI yang didesain khusus untuk memberikan pengalaman baru dalam mendapatkan layanan keuangan. Soft launching Cinta dilaksanakan di yap! Experience Booth, Jakarta Internasional BNI Java Jazz Festival 2018, Jakarta, Minggu (4 Maret 2018).

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan channel baru berbasis chatting dengan nama Cinta untuk melayani generasi digital dalam melakukan transaksi perbankan. Turut menyaksikan launching tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Komisaris BNI Joni Swastanto, SEVP Teknologi Informasi BNI Dadang Setiabudi, GM Divisi E-banking BNI Anang Fauzie.

Rudiantara mengatakan, ke depan sebaiknya dibuka peluang untuk menggunakan aplikasi chatting yang diciptakan oleh anak negeri atau anak-anak muda berbakat dan kreatif asli Indonesia. Dan tidak menutup kemungkinan penggunaan aplikasi Cinta untuk menjawab pertanyaan pengguna yang memakai bahasa daerah di Indonesia.

Menurut Dadang Setiabudi, thoughtfulness merupakan keunggulan Aplikasi Cinta. Dalam hal ini Cinta memiliki kemampuan mempelajari dan menganalisa perilaku pengguna aplikasi chat, sehingga dapat mengerti keinginan penggunanya. Cinta dapat memberikan penawaran produk, transaksi, dan program promo yang sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan masing-masing pengguna. Cinta memiliki kemampuan ini karena didukung oleh teknologi artificial intelligence (AI).

Dadang menambahkan keutamaan lain Cinta adalah Familiarity. Dimana BNI melalui Cinta memanfaatkan budaya chatting yang sudah akrab dengan masyarakat sebagai alat utama untuk melakukan transaksi perbankan dengan cara chatting (bercakap) dengan Cinta di media aplikasi chatting.  Teknologi chatbot yang dilengkapi oleh natural language processing (NLP), membuat Cinta dapat bercakap dengan bahasa kasual sehingga masyarakat merasa seperti sedang chatting dengan manusia.

“Adapun Simplicity dalam hal ini memberikan kemudahan akses perbankan bagi masyarakat, tanpa ribet, yaitu cukup dengan menambahkan BNI Cinta sebagai teman  melalui aplikasi pesan (aplikasi chatting).  Harapannya, semakin banyak dan luas masyarakat yang mendapatkan layanan informasi serta bertransaksi perbankan di BNI dengan adanya kemudahan akses melalui Cinta ini,” ujar Dadang.

Saat ini Cinta hadir di beberapa aplikasi chatting terpopuler, yaitu Facebook messenger (FBM) dengan nama BNI CINTA, di Twitter dengan nama @bni_cinta, dan di LINE dengan nama BNI CINTA (profile ID @bnicinta). Adapun fiturnya adalah informasi seputar produk layanan BNI, program promosi BNI, locator (ATM, Cabang BNI dan Agen 46).  Fitur ini akan segera dikembangkan dengan pelayanan perbankan seperti pembukaan rekening, pembayaran/ pembelian, akses layanan permodalan bagi usaha kecil dan menengah, serta produk layanan lain seperti asuransi, kartu kredit, dan pinjaman konsumer. Cinta juga terintegrasi dengan yap! dan channel digital BNI lainnya seperti Mobile Banking, BNI contact center, Agen46, dan ATM. (btl)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here