Ada Pameran Desain Kemasan di UMN

310

TANGERANG– The Japan Foundation (JF), lembaga nir-laba pemerintah Jepang yang berfokus di bidang pertukaran Budaya, pada tahun 2010 berinisiatif untuk menciptakan project pertukaran desain & kreativitas melalui program Asia Student Package Design Competition (ASPaC). program ini bertujuan merangkul berbagai organisasi, perusahaan, pengajar, dan tenaga ahli di bidang desain untuk mewujudkan kolaborasi dan program pertukaran ilmu untuk pelajar dan mahasiswa Asia di bidang desain kemasan.

Di Indonesia, tahun ini JF memutuskan menggelar pameran di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang memiliki latar belakang kuat di bidang media komunikasi. Universitas ber- Akreditasi Institusi A ini bertujuan menjadi universitas kelas dunia berbasis ICT (Information and Communication Technology) dan memajukan siswa menjadi profesional dan enterpreneur. Diharapkan dengan penyelenggaraan acara ini semakin mendekatkan ASPaC kepada siswa Indonesia dan mendorong mereka agar lebih termotivasi serta berinisiatif untuk mengembangkannya lebih jauh.

Project kompetisi ini ditargetkan bagi desainer-desainer muda Asia di bidang desain kemasan untuk merangsang kreativitas yang diharapkan menjadi bagian dari persiapan karir di industri desain global. Project ini diwujudkan atas kerja sama ASPaC Executive Committee, Japan Foundation dan Japan Package Design Association.

Sementara itu, kompetisi tahunan ini mulanya hanya melibatkan pelajar dan desainer muda Jepang dan Korea Selatan saja, hingga pada akhirnya tahun 2014 ditandai sebagai tahun pertama Indonesia berpartisipasi dalam ASPaC. Di Indonesia, The Japan Foundation Jakarta bekerjasama dengan Asosiasi Designer Grafis Indonesia (ADGI) dalam menyelenggarakan ASPaC, mulai dari proses penerimaan karya, penjurian, hingga malam penghargaan di Tokyo, Jepang.

Di ASPaC Awards tahun ini, ada lima puluh tiga karya yang dipamerkan di pameran kali ini yang masing-masing menyuguhkan ide baru dan segar. Delapan negara partisipan dalam kompetisi tahun ini adalah Jepang, Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Vietnam, Singapura, Malaysia, dan tentunya Indonesia.

Tema kompetisi tahun ini adalah Challenge, dengan menghadirkan karya-karya unik desainer muda Asia yang dapat diaplikasikan dalam peluang-peluang dan nilai-nilai baru desain kemasan. Dua puluh dua karya terbaik berhak mendapatkan hadiah dan penghargaan, di antaranya Grand Prize, Excellent Award, dan hadiah-hadiah lain dari sponsor. Lebih dari itu, masing-masing negara partisipan juga telah menentukan karya-karya desainer muda terbaiknya yang berhak meraih Merit Award. Pameran ini merupakan kali kedua diselenggarakannya di Indonesia sejak tahun 2015 lalu.

Bekerjasama dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN), pameran ASPaC Awards 2017 akan diselenggarakan pada tanggal 12 hingga 24 Februari 2018 di Hall A, kampus UMN, Tangerang. Selain itu pameran akan dilengkapi dengan berbagai seminar desain dari beberapa perusahaan Jepang, ADGI serta Kemeterian Perdagangan Republik Indonesia. (dem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here