Mahasiswa UMT Gagas Internet Sehat

109

Tangerang – Mahasiswa-mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) Desa Cikupa 2018 gagas penyuluhan internet sehat dibantu relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Menurut Sekertaris TIK Taufik, saat ini internet sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia jika di gunakan secara baik dan bijak. “Jika memakai internet berlebihan, banyak dampaknya, contoh hal negatif adalah jika dahulu orang sebelum makan melakukan doa, maka sekarang banyak generasi muda yang mengunggah foto atau video terlebih dahulu ke media sosial.” ujar taufik di SMP N 1 Cikupa, (8/2).

(istimewa-dok UMT)

Taufiq menjelaskan bahwa jika internet digunakan dengan baik dan benar dapat menghasilkan hal yang positif. “Contohnya seperti mempermudah informasi, sebagai sarana ajang bisnis dan dapat mencerdaskan masyarakat dalam hal pengetahuan. Menggunakan waktu yang tepat pada saat memakai internet juga perlu diperhitungkan, karena dapat merubah perilaku seseorang” imbuhnya.

Tentunya sebagai ajang eksis agar terlihat keren atau tampil gaya. Lalu tentang bahaya kejahatan di dunia maya juga dijelaskan oleh Taufiq, contoh kejahatan yang disampaikan yaitu kekerasan dan pelecehan melalui internet, penyebaran informasi palsu (hoax), dan konten tidak senonoh seperti gambar dan video pornografi. Materi yang disampaikan pun beragam, mulai dari presentasi maupun memberikan informasi melalui media video.

Dewan pembina Lapangan (DPL) KKN Korry Elyana juga menambahkan tujuan dari penyuluhan internet sehat ini untuk membimbing kepribadian para remaja saat ini agar dapat menggunakan internet dengan baik dan bijak. Dengan memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif. “kontrol diri lah yang bisa menjaga kita dari bahaya-bahaya internet” ujarnya. Korry juga mrnambahkan, “karena ketika kita menggunakan internet kita bisa melihat dunia dengan jarimu”. (btl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here