Ajak Pelaku Hotel dan Catering Lebih Kreatif

167

SOLO – Kuliner kini tak hanya sekedar kebutuhan mengenyangkan perut saja, melainkan sudah menjadi gaya hidup. Kebanyakan orang tak hanya makan, tetapi mengabadikan momen berkuliner. Beberapa di antaranya konsumen justru penasaran dengan cara pengolahan suatau makanan.

Ketua Asita Solo, Daryono menjelaskan banyaknya anak muda yang mengambil sektor kuliner, serta inovasi kuliner yang semakin bervariatif menjadi peluang bagi pelaku usaha catering dan hotel. Pihaknya menghimbau pelaku usaha kuliner saling ,emberikan ilmu satu sama lain agar terjadi sinergi yang lebih baik.

“Catering di Kota Solo berkembang dengan pesat, seiring dengan pertumbuhan minat kuliner kekinian. Bahkan tak hanya resto yang membuka catering, usaha catering rumahan juga berkembang dengan baik. Oleh karena itu kami mewadahi mereka unuk bertemu dengan suplier perakatan masak skala besar maupun kecil, untuk menunjang usaha kuliner baik UMKM, catering, maupun perhotelan,” papar Daryono, Selasa (6/2) kemarin.

Sementara itu Event Officer Moka, Arthana Cakti menyajikan aplikasi kasir yang mudah diakses, bahkan bagi pelaku usaha skala menengah. Diakuinya untuk Kota Solo dari Agustus 2017 sebanyak 200 outlet sudah menggunakan aplikasi tersebut. Dimana 75 persen yang menggunakan adalah pelaku UMKM baik sektor jasa maupun kuliner.

“Aplikasi kasir ini mudah digunakan. Tak hanya untuk menghitung transaksi saja, tetapi juga membantu memanajemen keuangan yang sudah dilakukan. Sehingga pembukuannya tak usah dicatet lagi, langsung terekam dalam aplikasi yang bisa dilihat langsung oleh pemilik,” pungkas Arthana.

Pihaknya menargetkan tahun ini setidaknya mampu menambah 500 outlet yang menggunakan aplikasi kasir tersebut. Pasalnya UMKM sekarang ini juga dituntut untuk bisa melakukan pembukuan atau manajemen keuangan yang rapi. Selain mengupgrade produk yang dipasarkan. (cha/dem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here