Safety Riding Bersama Yamaha Aerox 155 VVA

483

TANGERANG- Mengedukasi dan meminimalisirkan banyaknya korban jiwa yang melayang akibat kecelakaan di jalan raya, pabrikan motor asal Jepang Yamaha bersama Polda Banten menggelar kegiatan safety riding di area parkir PT Nikomas (divisi Adidas), Rabu (8/3).

Staf Promosi Yamaha DDS Tangerang Albertus mengatakan, pelatihan yang dilakukan kemarin dilakukan secara dua tahap, yaitu teori dan praktek. ”Puluhan karyawan Nikomas sangat antusias mengikuti beberapa tahapan safety riding ini yang menggunakan Yamaha Aerox 155 VVA. Mereka merasa terbantu dengan edukasi yang dilakukan oleh Yamaha, khususnya dalam program K3 (keselamatan dan kesehatan kerja),” kata Albertus, kemarin.

Dia menjelaskan, ada beberapa faktor penyebab kecelakaan. Di antaranya faktor human atau manusianya. Faktor ini bisa disebabkan karena kurang disiplinnya si pengendara dalam berkendara di jalan. Termasuk faktor kondisi fisik maupun emosi pengendara dan kurangnya ketrampilan berkendara. ”Selain itu, kurang mengenal karakter kendaraan, kurangnya kelengkapan keamanan kendaraan seperti spion dan lampu depan maupun belakang, dan perawatan kendaraan yang salah dapat menyumbang penyebab kecelakaan,” jelasnya.

Faktor lainnya juga datang dari lingkungan. Kecelakaan karena faktor lingkungan terjadi akibat kurang mengenal karakter jalan, kondisi cuaca buruk dan pengguna jalan yang lain. Materi praktek sendiri di fokuskan pada stop and go, slalom, cornering dan cidori. Semua dipandu dengan instruktur profesional agar peserta bisa memahami secara mudah.

Kegiatan dalam bagian Corporate Social Responsibility (CSR) Yamaha ini diharapkan dapat membantu karyawan dan masyarakat sekitar, khususnya dalam edukasi mengenai bagaimana cara berkendara yang baik dan benar. ”Berkendara yang baik dan benar dimulai dari safety mind, yaitu bagaimana mindset kita berorientasi berkendara yang aman. Kemudian riding skil yaitu ketrampilan mengendarai kendaraan bermotor,” tegasnya. (dem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here